Cara membuat kentongan dari bambu

- Senin, 9 Mei 2022 | 23:00 WIB
Cara membuat kentongan dari bambu (Foto: Quora)
Cara membuat kentongan dari bambu (Foto: Quora)

Purwakarta Online - Kentongan adalah benda yang biasa kita temukan di pos ronda atau siskamling, kalau di Purwakarta pos ronda disebut gardu. Hampir di setiap gardu di Purwakarta ada kentongannya.

Oh iya, di Purwakarta kentongan ini disebut KOHKOL. Kentongan konon sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Menjadi alat penanda datangnya bahaya, mengumpulkan massa, mengusir hewan buas dari kampung hingga penanda waktu tertentu.

Di Purwakarta dulu, sebelum ada pengeras suara seperti toa, kohkol digunakan sebagai penanda waktu sholat di mushola atau atau langgar (di Purwakarta) disebut tajug. Sedangkan penanda waktu di masjid biasanya menggunakan bedug.

Baca Juga: Mau Rp3,55 juta? Ikuti Kartu Prakerja Gelombang 28, begini caranya!

Saking pentingnya kohkol secara budaya di Purwakarta, Pemerintah Kabupaten Purwakarta pernah menyelenggarakan Pawai Kohkol pada 20 Agustus 2016, dalam acara Hari Jadi Purwakarta ke-185.

Acara tersebut berlangsung dari hari Sabtu (20/8/2016) pukul 20.00 WIB hingga pukul 01.00 dini hari (Minggu, 21/8/2016). Diikuti ribuan warga Purwakarta, hingga pawai tersebut dianugerahi Rekor Muri (Museum Rekor Indonesia).

Bagaimana, apakah di daerah anda ada kentongan? Eh, mungkin kalau di dalam bahasa indonesia disebutnya KENTUNGAN ya.

Baca Juga: Berani merekayasa arah hidup: Mengubah cara berfikir menjadi lebih positif dan produktif!

Kentongan ini ada yang berbahan bambu dan ada yang dari bahan kayu. Tentu yang lebih mudah membuatnya adalah yang dari bahan bambu. Jika anda tertarik membuatnya berikut adalah video dari Dyartorin, cara membuat kentongan dari bambu:

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: Wikipedia, YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X