• Kamis, 8 Desember 2022

Dalil tahlilan berdasarkan hadist

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:26 WIB
Dalil tahlilan
Dalil tahlilan

purwakarta Online - Dalam artikel ini akan membahas dalil tahlilan. Secara bahasa tahlilan berakar dari kata hallala (هَلَّلَ) yuhallilu ( يُهَلِّلُ ) tahlilan ( تَهْلِيْلاً ) artinya adalah membaca “Laila illallah.”

Sebelum membahas dalil tahlilan kita akan ulas dulu sejarahnya. Istilah ini merujuk pada sebuah tradisi membaca kalimat dan doa-doa tertentu yang diambil dari ayat Al-Qur’an, dengan harapan pahalanya dihadiahkan untuk orang yang meninggal dunia.

Tahlilan biasanya dilakukan selama 7 hari dari meninggalnya seseorang, kemudian hari ke-40, 100, dan pada hari ke-1.000-nya. Apakah dalil tahlilan menyebutkan angka-angka tersebut?

Begitu juga tahlilan sering dilakukan secara rutin pada malam Jum’at dan malam-malam tertentu lainnya.

Bacaan aAyat-Ayat Al-Qur’an yang dihadiahkan untuk mayit menurut pendapat mayoritas Ulama boleh, dan pahalanya bisa sampai kepada mayit tersebut.

Berdasarkan beberapa dalil, diantaranya hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan lainnya;

عَنْ سَيِّدِنَا مَعْقَلْ بِنْ يَسَارْ رَضِيَ الله عَنْهُ اَنَّ رَسُولَ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ : يس قَلْبُ اْلقُرْانْ لاَ يَقرَؤُهَا رَجُلٌ يُرِيْدُ اللهَ وَالدَّارَ اْلاَخِرَة اِلاَّ غَفَرَ اللهُ لَهُ اِقْرَؤُهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ )رَوَاهُ اَبُوْ دَاوُدْ, اِبْنُ مَاجَهْ, اَلنِّسَائِى, اَحْمَدْ, اَلْحَكِيْم, اَلْبَغَوِىْ, اِبْنُ اَبِىْ شَيْبَةْ, اَلطَّبْرَانِىْ, اَلْبَيْهَقِىْ, وَابْنُ حِبَانْ

Dari sahabat Ma’qal bin Yasar r.a. bahwa Rasulallah SAW bersabda: Surat Yasin adalah pokok dari Al-Qur’an, tidak dibaca oleh seseorang yang mengharap Ridha Allah kecuali diampuni dosa-dosanya.

Bacakanlah Surat Yasin kepada orang-orang yang meninggal dunia diantara kalian. (H.R. Abu Dawud, dll)

Adapun beberapa Ulama juga berpendapat seperti Imam Syafi’i yang mengatakan bahwa:

Halaman:

Editor: Dadan Hamdani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seminar Nasional Kiyai Desa di Purwakarta

Minggu, 27 November 2022 | 08:00 WIB

Konferancab PAC GP Ansor Kecamatan Kiarapedes 2022

Minggu, 6 November 2022 | 16:12 WIB

Tujuan utama Gp Ansor didirikan

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 10:47 WIB

Apel Akbar Banser dan hari santri Nasinal

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 10:06 WIB
X