• Selasa, 16 Agustus 2022

Mangga Gedong Gincu jadi buah kanineung peserta Pra Penas se-Indonesia

- Minggu, 26 Juni 2022 | 11:42 WIB
Mangga Gincu diminati peserta Pra Penas dari berbagai provinsi  (Enjang Sugianto/PurwakartaOnline.com)
Mangga Gincu diminati peserta Pra Penas dari berbagai provinsi (Enjang Sugianto/PurwakartaOnline.com)

Purwakarta Online - Mangga Gedong Gincu yang dipamerkan di Stan Pra Penas Jabar menjadi buah yang paling diminati pengunjung dari berbagai provinsi di

Berdasarkan penuturan Kevin Derrian Firdaus, yang berasal dari Dinas Tanaman Panahan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Mangga khas dari Jawa Barat ini banyak dibudidayakan di daerah sekitar Kabupaten Indramayu, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Majalengka.

"Di seputaran (Kabupaten) Indramayu, Sumedang, Cirebon, Majalengka," kata Kevin. Minggu (26/6/2022).

Selain mangga gincu, stan pra Penas Jabar juga memamerkan buah Queen of Fruities, Manggis. Ujar Kevin, manggis yang diboyong ke Pra Penas KTNA 2022 di Maros ini berasal dari Tasikmalaya, karena di bulan ini di daerah Tasikmalaya yang berbuah.

"Banyak daerah penghasil manggis di Jabar, terutama yang berkualitas ekspor seperti Purwakarta, tapi saat ini bukan musim (manggis), ada sedikit yang berbuah Tasik (Malaya)," kata Kevin.

Baca Juga: Ternyata Bunga kamboja memiliki manfaat. Simak ini! 5 Manpaat Bunga Kamboja

Peserta Pra Penas sangat tertarik dengan rasa buah Mangga Gincu tersebut, beberapa pedagang lokal di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan datang berkali-kali menanyakan buah mangga gincu.

Sampel buah yang dipamerkan bisa dicicipi pengunjung yang datang ke stan Jabar. Disediakan potongan kecil dari setiap buah-buahan yang ditampilkan, mangga gincu jadi primadona.

Lidah pengunjung dari beragam provinsi terkesan dengan mangga gincu. Sayang, tidak terlalu banyak stok yang dibawa sehingga banyak pengunjung harus menelan ludah, menahan keinginan makan Mangga Gincu.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK OTT Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB

Mahfud MD akui berperan dalam kasus Ferdy Sambo!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:00 WIB
X