• Selasa, 16 Agustus 2022

3 Tahun Tidak Impor Beras, Ketum KTNA Berterimakasih pada Mentan

- Minggu, 26 Juni 2022 | 06:17 WIB
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo dalam Pra Penas KTNA 2022 di Maros Sulawesi Selatan, Sabtu (25/6/2022) (Enjang Sugianto/PurwakartaOnline.com)
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo dalam Pra Penas KTNA 2022 di Maros Sulawesi Selatan, Sabtu (25/6/2022) (Enjang Sugianto/PurwakartaOnline.com)

Purwakarta Online - Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Ir. M. Yadi Sofyan Noor, SH, berterima kasih kepada Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo karena selama 3 tahun Indonesia tidak impor beras.

Disampaikan dalam Temu Wicara Pra Penas KTNA di Maros Sulawesi Selatan, Sabtu 25 Juni 2022.

Dalam pidatonya, Mentan Syahrul Yasin Limpo menyampaikan perlunya mengantisipasi krisis pangan yang rawan melanda dunia.

"Serta demi meningkatkan kesejahteraan petani serta mengantisipasi krisis pangan global yang saat ini sedang melanda dunia," tutur Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, di Maros Sulawesi Selatan, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga: Ternyata Bunga kamboja memiliki manfaat. Simak ini! 5 Manpaat Bunga Kamboja

Menurut Mentan, sebagai negara ke-4 di dunia Indonesia harus tangguh dalam ketahanan pangan. Apalagi situasi dunia terancam perang dan terabaikannya produksi pangan.

"Dunia sedang lagi tidak baik-baik, Dunia sedang krisis pangan. Indonesia negara ke empat terbesar sekitar 273 juta orang. Biarkan badai gelombang dunia menghajar pangan, tapi Indonesia karena ada KTNA siap menjadi negara yang damai, aman dan tenteram," ujar Mentan asal Sulsel ini.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, semua nilai ekspor Indonesia menurun kecuali Pertanian. Terbukti kekuatan pertanian Indonesia mampu menjaga stabilitas, Mentan mengajak seluruh stakeholder agar menjaga ketahanan pangan Nasional.

"Ekspor kita naik tahun 2020 sebesar 15 persen, tahun 2021 38,68 persen itu semua berkat pertanian kita yang banyak menyumbang. Hanya pertanian yang naik lainnya semua turun, oleh karena itu saya titipkan melalui pertemuan Pra Penas ini kepada seluruh gubernur, bupati dan walikota. Perbaiki lumbung pangan jangan menunggu dari tempat lain. Menghadapi krisis itu yang pertama ketahanan pangan nasional harus terjaga baik," lanjut Mentan di hadapan peserta Pra Penas KTNA 2022 dari seluruh Indonesia, di Maros Sulawesi Selatan.***

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK OTT Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB

Mahfud MD akui berperan dalam kasus Ferdy Sambo!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:00 WIB
X