• Selasa, 16 Agustus 2022

Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) Menyerang Peternakan di Bandung!

- Rabu, 8 Juni 2022 | 06:06 WIB
Ilustrasi/PMK adalah penyakit hewan karena virus yang menular dan menyerang hewan berkuku genap seperti sapi dan kambing. (Unsplash.com)
Ilustrasi/PMK adalah penyakit hewan karena virus yang menular dan menyerang hewan berkuku genap seperti sapi dan kambing. (Unsplash.com)

Purwakarta Online - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merupakan penyakit hewan ternak yang kembali mulai mewabah di beberapa daerah di Indonesia. PMK menyerang ternak ruminansia seperti domba, kambing dan sapi.

Mendekati hari raya Idul Adha, pemerintah mulai menindak lanjuti terkait penyebaran wabah PMK yang mulai mengkhawatirkan. Pasalnya ternak yang layak untuk dikurbankan adalah ternak yang sehat.

Gencarnya pemerintah melakukan pendataan dan penanganan untuk ternak yang terjangkit PMK adalah bukti nyata bahwa penyakit tersebut bukanlah penyakit biasa.

Ciri khusus dari penyakit PMK ini dapat diidentifikasi dengan adanya bercak-bercak seperti sariawan disekitar mulut hewan ternak, selain itu disekitar kuku ternak juga terdapat bekas luka yang menyebabkan hewan ternak sulit untuk berdiri.

Baca Juga: Zodiak Scorpio 8 Juni 2022 Harus Tetap Tenang Ya!

Seperti yang telah diberitakan oleh Pikiran-Rakyat dalam artikel, Kasus PMK di Bandung Terus Bertambah, Bisa Jadi Kejadian Luar Biasa Jika Tidak Ditangani

Data terakhir di Bandung pada Juni 2022, tercatat wabah PMK sudah tersebar di 3 kecamatan, yaitu di Cibiru 69 ekor, Babakan Ciparay 50 ekor, dan Bandung Kulon 18 ekor.

Kematian sapi akibat wabah PMK di Kota Bandung juga sudah terjadi di Babakan Ciparay.

Asep Mulyadi, Anggota Komisi B dari Fraksi PKS Kota Bandung, mendorong Pemerintah Kota Bandung melalui dinas terkait seperti DKPP Kota Bandung agar serius menangani wabah PMK di Kota Bandung, apalagi saat ini menjelang pelaksanaan ibadah kurban yang bersamaan dengan Idul Adha 1443H.

"Peraturan Wali Kota Bandung terkait PMK perlu segera dikeluarkan. Satgas PMK di Kota Bandung pun perlu segera dibentuk dan bekerja cepat menangani PMK di Kota Bandung," kata Asep pada Selasa, 7 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Febri Nugrahadi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK OTT Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB

Mahfud MD akui berperan dalam kasus Ferdy Sambo!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:00 WIB
X