• Selasa, 16 Agustus 2022

Kabar PMK Jawa Barat Terbaru. Total Ribuan Hewan Ternak Sudah Tertular

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 18:13 WIB
Unit Pelaksana Teknis Kementan Siap Produksi Vaksin PMK (NET)
Unit Pelaksana Teknis Kementan Siap Produksi Vaksin PMK (NET)

Purwakarta Online - Setelah sebelumnya dikabarkan mewabah disejumlah daerah di Jawa Timur, kali ini kabar Penyalit Mulut dan Kuku atau PMK sudah mulai menyebar disejumlah daerah di Jawa Barat.

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) itu sendiri adalah penyakit yang menular ke hewan ternak.

Menurut penjelasan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat pada artikel pikiran-rakyat.com 'Update PMK di Jabar: Ribuan Ternak di 20 Kabupaten dan Kota Sudah Tertular'. Telah tercatat 2.816 hewan ternak berkuku belah (sapi potong, sapi perah, domba dan kambing) hingga 26 Mei 2022 pukul 14 dinyatakan telah tertular virus penyebab penyakit mulut dan kuku (PMK).

Baca Juga: Teuku Nasrullah: Ada Pihak Yang Tak Ingin RKUHP LGBT!

Kepala DKPP Jabar Moh Arifin Soedjayana mengatakan, secara populasi jumlah hewan yang tertular tersebut tidak signifikan. Namun secara jumlah kota kabupaten di Jabar yang terdeteksi hewan berkaki belah tertular cukup signifikan. Menurutnya, saat ini sudah ada hewan berkuku belah di 20 kota kabupaten di Jabar yang diketahui telah tertular PMK.

"Ditemukan pertama kali di Garut pada 7 Mei lalu kemudian merembet ke Tasikmalaya dan Banjar kini menjadi 20 kota kabupaten yang terdiri dari 97 kecamatan dari 627 kecamatan atau 15,47 persen dengan total 125 desa kelurahan atau 2,09 persen dari 5.957 desa kelurahan di Jabar," kata Arifin pada Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat, 27 Mei 2022.

Baca Juga: 2 Mahasiswi cantik turut dipanggil KPK terkait suap Auditor BPK Jabar!

Dikatakan Arifin, dari 2.816 hewan berkuku belah tersebut dilakukan beberapa penanganan. Di antaranya dipotong paksa, diobati dan ada juga yang mati.

"Tingkat kesembuhannya 6,85 persen ada 193 ekor yang mati 33 ekor atau 2,45 persen," ujarnya.

Menurut dia, dengan angka-angka tersebut, PMK di Jabar masih terkendali. Yang terpenting saat ini pihaknya tetau hadir melakukan pendampingan kota kabupaten.

Halaman:

Editor: Ichwansyah Wiradimadja

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lisa BLACKPINK bikin fans pangling!

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Profil lengkap dan Biodata Prilly Latuconsina

Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:00 WIB
X