• Kamis, 30 Juni 2022

Sejarah munculnya Pocong Merah

- Rabu, 6 April 2022 | 23:40 WIB
Pocong merah (gambar: Bombastis)
Pocong merah (gambar: Bombastis)

Purwakarta Online - Terkuak sudah sejarah awal munculnya Pocong Merah. Dikutip dari phinemo.com, yang menurunkan artikel berjudul 'Misteri Pocong Rombongan yang Melintasi Kali Boyong Sleman'.

Setelah kemunculan film tentang Pocong Merah banyak yang bertanya-tanya, memangnya ada pocong berwarna merah? Lalu bagaimana ceritanya pocong bisa memiliki warna? Mengapa tidak warna pink misalnya? Ternyata ada kisah sadis yang melatar-belakangi munculnya Pocong Merah.

Terjadi di zaman Indonesia masih dalam penjajahan, yaitu sekitar tahun 1900 sampai 1920. Tak heran pocong merah selalu digambarkan sangat menyeramkan.

Baca Juga: Jampe mancing bahasa sunda

Berdasarkan penelusuran Tim 'Kisah Tanah Jawa', pocong merah adalah hantu dari seorang pengamal ilmu hitam yang dibunuh dan dimutilasi.

Dukun ilmu hitam tersebut dikisahkan senantiasa membuat warga resah. Setelah dibunuh, konon jenazah dipotong-potong. Potongan anggota tubuhnya kemudian dikafani dengan satu kain, yang membuat kain kafan menjadi merah karena berlumuran darah.

Baca Juga: Siapa Guru Gembul sebenarnya?

 

10 'Fakta' Tentang Pocong

Dari IDN Times. Siapa yang paling takut sama pocong? Pocong itu sudah dikenal sebagai hantu khas Indonesia yang berbalut kain putih ibarat guling yang ada mukanya.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arti Kata 'Cut off' yang populer di Tiktok!

Rabu, 29 Juni 2022 | 10:50 WIB
X