Menderita INSOMNIA dan Sudah Lelah? Baca Artikel ini!

- Kamis, 17 November 2022 | 22:00 WIB
Ilustrasi seseorang yang mengalami Insomnia dan inilah 5 macam obat alami menurut sains agar dapat tidur nyenyak. (tododisca.com)
Ilustrasi seseorang yang mengalami Insomnia dan inilah 5 macam obat alami menurut sains agar dapat tidur nyenyak. (tododisca.com)

PURWAKARTA ONLINE, Jakarta - Dokter spesialis penyakit dalam M. Syah Abdaly Sp.PD mengatakan mengelola stres dan berpikiran positif sangat penting untuk membantu mencegah insomnia atau gangguan tidur.

“Kuncinya positif thinking, kalau kita pikiran negatif melulu akan kebawa dalam emosi sehingga menyebabkan kita menjadi berdebar-debar dan susah tidur,” ucapnya dalam diskusi mengenai penyebab dan cara mencegah insomnia yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan stres tidak bisa dihindari dan tidak mudah selalu berpikiran positif, maka mengelola stres sangat dibutuhkan agar tidur tidak terganggu. 

Baca Juga: 4 Mitos Kutukan yang Menghantui Piala Dunia. Ingat, Inggris Tidak Akan Pernah Lagi Juara Dunia!

Salah satunya dengan konsultasi ke psikolog atau psikiatri untuk membantu jika ada masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri.

Selain itu, masalah kejiwaan seperti gangguan kecemasan atau depresi juga bisa menyebabkan insomnia atau baru saja mengalami kejadian yang bersifat traumatis seperti menghadapi saudara atau orang terdekat meninggal. 

Mengidentifikasi penyebab insomnia dibutuhkan agar pasien bisa mendapat terapi yang baik dan mengubah perilaku dan kognitif pasien untuk mengatasi masalah tidur.

Baca Juga: Wajah Asli Kebaya Merah, Netizen: Cantik Banget!

“Karena nanti ending-nya orang yang suka insomnia pengobatannya adalah bukan obat tidur, pengobatannya adalah mengobati penyebabnya. Jadi bukan semata-mata susah tidur dikasih obat tidur,” ucap Abdaly.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X