Dokter Kelamin Ingatkan Remaja untuk Jaga Kebersihan Area Intim!

- Selasa, 15 November 2022 | 11:00 WIB
Dokter spesialis kulit dan kelamin RSUPN Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Yudo Irawan, SpKK mengingatkan remaja untuk menjaga kebersihan organ intim
Dokter spesialis kulit dan kelamin RSUPN Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Yudo Irawan, SpKK mengingatkan remaja untuk menjaga kebersihan organ intim


PURWAKARTA ONLINE, Jakarta - Dokter spesialis kulit dan kelamin RSUPN Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Yudo Irawan, SpKK mengingatkan remaja untuk menjaga kebersihan organ intim, mengingat di usia tersebut terjadi peningkatan aktivitas yang menyebabkan sering berkeringat dan lembab di area intim.

"Pada masa remaja itu masa aktif-aktifnya. Jadi secara fisik, anak remaja mulai aktif, sering berkeringat, dan secara hormonal juga aktif baik laki-laki maupun perempuan," ujar Yudo dalam bincang-bincang kesehatan dalam rangka HUT RSCM ke-103 yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan karena mulai sering berkeringat dan lembap di area intim, maka penting bagi remaja untuk mulai rajin mengganti celana dalam paling tidak dua kali dalam sehari.

Selain itu, gunakan celana dalam yang bahannya mudah menyerap keringat seperti katun.

Baca Juga: Rilis Terbaru Skuad Argentina Piala Dunia 2022, Calon Terkuat Juara!

Ia melanjutkan, penting juga untuk menghindari gesekan-gesekan yang berlebihan karena jika gesekan berlebihan terjadi pada kulit paha dalam yang lembap maka akan menyebabkan iritasi.

Gesekan-gesekan tersebut, menurutnya, dapat dihindari dengan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Pada perempuan, jika sedang menstruasi, Yudo mengingatkan jangan sampai tidak mengganti pembalut dalam waktu yang lama karena akan menyebabkan infeksi.

Pastikan juga pembalut yang digunakan cocok dengan kulit agar tidak terjadi iritasi.

Baca Juga: Kena 'Somasi' Guru Gembul Klarifikasi Videonya Sendiri!

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X