Wapres Ma'ruf Amin: Pancasila dan Agama Tidak Saling Bertentangan!

- Selasa, 15 November 2022 | 21:00 WIB
Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin menegaskan Pancasila sangat relevan dalam menghadapi tantangan zaman.
Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin menegaskan Pancasila sangat relevan dalam menghadapi tantangan zaman.

 


PURWAKARTA ONLINE, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin menyatakan Pancasila dan Islam tidak saling bertentangan. Pancasila adalah kesepakatan mulia yang terlahir sebagai ideologi dasar negara yang menyatukan tekad semua orang dan golongan untuk memerdekakan Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Wapres saat memberikan arahan penguatan Pancasila bagi aparatur sipil negara (ASN) di pendopo Gubernur Banten, Jalan Syeh Nawawi Al-Bantani Curug, Kota Serang, Senin (14/11/22).

"Pancasila dan agama tidak saling bertentangan. Kalau bahasa agamanya itu, la munafata bainahuma, jadi saling menguatkan," tegas Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan.

Baca Juga: Skuad Brasil Piala Dunia 2022

Ma'ruf Amin meyakini Pancasila sebagai kristalisasi nilai-nilai yang mengilhami lahirnya bangsa ini, yaitu nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi hikmah kebijaksanaan, dan keadilan sosial.

"Ini yang dirumuskan kemudian disepakati. Jadi, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, itu kalau bahasa agamanya itu termasuk kesepakatan nasional, al mitsaq al wathani, namanya mitsaq al wathani," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres meminta ASN harus memiliki jiwa Pancasila dalam menjalankan roda pemerintahan. Menurutnya, ASN juga harus punya nilai-nilai pancasila yang terinternalisasi dalam pola pikir dan perilaku sehari-hari.

Baca Juga: Inilah alasan kenapa Argentina bakal menjadi Juara Piala Dunia 2022

"ASN tidak hanya dituntut untuk berkompetisi tekhnis, managerialz dan sosio-kultural. Tapi juga juga ASN berintegritas dan berjiwa Pancasila. Nilai-nilai luhur Pancasila harus terinternalisasi pada jiwa, pola pikir dan perilaku kinerja seluruh ASN," tukasnya.***

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X