• Sabtu, 1 Oktober 2022

LUAR BIASA Swadaya Masyarakat Cipeundeuy Bojong Bangun Jalan Usaha Tani, pada Program Ketahanan Pangan!

- Kamis, 15 September 2022 | 11:13 WIB
Pembangunan Jalan Usaha Tani di Cipeundeuy, Bojong (Purwakarta Online/Abdul Hakim)
Pembangunan Jalan Usaha Tani di Cipeundeuy, Bojong (Purwakarta Online/Abdul Hakim)

PURWAKARTA ONLINE, Bojong - Tingkat Keswadayaan masyarakat Desa Cipeundeuy benar-benar luar biasa. Warga Desa Cipeundeuy memberikan partisipasi signifikan dalam pembangunan di desa.

Mereka menyumbang tenaga dan konsumsi untuk mendukung pembangunan Jalan Usaha Tani yang sedang dikerjakan oleh Pemerintah Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Jalan Usaha Tani sepanjang 200 meter dengan lebar 1,2 meter, merupakan jalan penting bagi warga desa Cipeundeuy dan sekitarnya.

Pembangunan infrastruktur Jalan Usaha Tani ini merupakan bagian dari Program Pemerintah Pusat berdasarkan Perpres 104 Tahun 2021.

Baca Juga: Bupati Purwakarta Canangkan Gerakan Penanaman Lada di Kecamatan Kiarapedes Tahun 2023!

Dalam Perpres yang dimaksud, Pemerintah Desa diwajibkan mengalokasikan Program Ketahanan Pangan sebesar minimal 20 Persen dari Dana Desa.

Berdasarkan keterangan Kepala Desa Cipeundeuy Kosasih, berdasarkan Musyawarah Desa kebutuhan paling mendasar dalam ketahanan pangan di desa Cipeundeuy adalah dibangunnya Jalan Usaha Tani.

Jalan ini menjadi sangat penting karena menjadi akses antar wilayah dan akses menuju wilayah pertanian, dimana mayoritas warga desa menggantungkan ekonomi dan Pengan pada wilayah tersebut.

"Memang ini keinginan warga, arahan pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan sangat cocok dengan kebutuhan warga kami dalam usaha meningkatkan ketahanan pangan," ujar Kosasih, Kepala Desa Cipeundeuy kepada Purwakarta Online, Kamis (15/9/2022).

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dukung UMKM, BUMDes pasarkan produk warga desa!

Rabu, 14 September 2022 | 14:58 WIB
X