• Kamis, 30 Juni 2022

Menjelang Hari Bidan Sedunia tanggal 5 Mei

- Sabtu, 30 April 2022 | 21:50 WIB
Hari Bidan Sedunia
Hari Bidan Sedunia

Purwakarta Online - 5 Mei merupakan Hari Bidan Sedunia, akan jatuh kurang dari dua Minggu lagi. Berbeda dengan Hari Bidan Nasional yang akan jatuh pada 24 Juni.

Dua momentum ini merupakan tanggal penting bagi para bidan dan dunia Kesehatan Ibu dan Anak. Dalam bahasa Inggris, Hari Bidan Sedunia disebut International Day of The Midwife.

Meskipun sudah dimulai sejak tahun 80-an namun secara formal Hari Bidan Sedunia baru ditetapkan pada tahun 1992.

Baca Juga: Sinopsis Our Blues Drakor terbaru di Netflix

Tujuan Hari Bidan Sedunia

Tujuan peringatan Hari Bidan Sedunia adalah untuk mengkampanyekan peran penting bidan dalam kehidupan manusia terutama yang berhubungan dengan persalinan dan juga kesehatan reproduksi.

Kemudian, Hari Bidan Sedunia juga menjadi tolak ukur peningkatan kualitas bidan yang ada saat ini di mana bidan memiliki peran yang sangat penting tidak hanya untuk wanita yang hamil tetapi juga untuk keluarga Indonesia.

Baca Juga: Punya hadats besar atau junub karena hubungan badan boleh berpuasa!

Peran penting Bidan di masyarakat

Profesi Bidan tidak hanya memiliki peran yang sangat krusial untuk memeriksa, membantu merawat, dan juga membantu persalinan untuk wanita hamil. Berdasarkan Head of Reproductive Health and Andalan Business Unit Aditya Anugrah Putra, bidan juga memiliki peran dalam meningkatkan derajat wanita, seperti melalui pelayanan kontrasepsi, memberikan imunisasi kepada bayi, dan menurunkan angka kematian ibu (AKI).***

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Freaky adalah ....

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:25 WIB

Simak ini, 5 Manfaat Jagung bagi kesehatan

Minggu, 26 Juni 2022 | 10:32 WIB

Bangkitkan Gairah Kepramukaan di Gugus Depan!

Kamis, 16 Juni 2022 | 18:37 WIB
X