• Kamis, 8 Desember 2022

Diresmikan Presiden, inilah Rencana Pengelolaan Masjid Sheikh Zayed Solo!

- Senin, 14 November 2022 | 22:31 WIB
Masjid Raya Sheikh Zayed Solo (Hilal Milki)
Masjid Raya Sheikh Zayed Solo (Hilal Milki)

PURWAKARTA ONLINE, Jakarta - Masjid Sheikh Zayed Solo telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Usai menghadiri peresmian, Kamaruddin mengatakan, Masjid Sheikh Zayed Solo diproyeksikan menjadi contoh tata kelola masjid yang profesional bagi masjid-masjid lain di seluruh Indonesia.

"Hadirnya Masjid Raya Syeikh Zayed Solo diharapkan menjadi prototipe masjid yang dikelola secara profesional, baik idarah (manajemen), imarah (memakmurkan), dan riayah-nya (pemeliharaan)," kata Kamaruddin di Masjid Sheikh Zayed Solo, Senin (14/11/2022).

Menurutnya, masjid merupakan ruang kontestasi dan diseminasi informasi yang paling dipercaya publik.

Baca Juga: Kena 'Somasi' Guru Gembul Klarifikasi Videonya Sendiri!

Merujuk pada fungsi masjid dalam sejarah, Nabi Muhammad SAW melakukan ibadah dan pendidikan agama, konsultasi dan komunikasi masalah ekonomi dan kewirausahaan di masjid.

"Selain itu, Masjid Sheikh Zayed Solo juga menjadi kebanggaan dan daya tarik wisata religi, sekaligus menjadi penanda adanya persahabatan dan kerja sama antarbangsa dalam penguatan peradaban Islam yang ramah untuk semua," katanya.

Selain menjadi contoh tata kelola profesional, lanjut Kamaruddin, Masjid Sheikh Zayed Solo juga diharapkan menjadi pionir penguatan moderasi beragama.

Menurutnya, upaya yang tengah dilakukan bukan hanya karena moderasi beragama telah menjadi program prioritas Kemenag. Tetapi, karena penguatan moderasi beragama diperlukan.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Eksepsi Nikita Mirzani Ditolak Hakim!

Senin, 5 Desember 2022 | 17:00 WIB

Gempa terkini, Garut diguncang Magnitudo 6,4!

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:40 WIB

Agus Yulianto alias Ki Joko Bodo Tutup Usia!

Rabu, 23 November 2022 | 07:00 WIB

Kasus Pornografi Dea OnlyFans: Vonis 10 Bulan Penjara!

Sabtu, 19 November 2022 | 18:00 WIB
X