Hari Tanah Sedunia 2022 para Ahli bahas isu Malnutrisi!

- Senin, 5 Desember 2022 | 12:00 WIB
Tanggal 5 Desember 2022 Diperingati Sebagai Hari Tanah Sedunia, Malnutrisi jadi isu yang dbahas para Ahli ( Foto oleh Jan Tancar dari Pexels)
Tanggal 5 Desember 2022 Diperingati Sebagai Hari Tanah Sedunia, Malnutrisi jadi isu yang dbahas para Ahli ( Foto oleh Jan Tancar dari Pexels)

Oleh: Dr. Destika Cahyana, SP, M.Sc; Peneliti di Pusat Riset Geospasial, BRIN

PURWAKARTA ONLINE, Jakarta - Menyambut hari tanah sedunia setiap 5 Desember 2022, isu malnutrisi, kekurangan atau kelebihan nutrisi, pada manusia menjadi isu penting yang kini memaksa para ilmuwan tanah terlibat.

Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO) bahkan secara khusus mempromosikan pentingnya riset bersama ahli kesehatan dengan ahli tanah untuk mengatasi malnutrisi terutama stunting.

Nutrisi yang dibutuhkan manusia berasal dari tanah sehingga kekurangan unsur hara tertentu di dalam tanah dapat membuat malnutrisi bagi manusia yang hidup di atasnya.

Hubungan tanah dengan kesehatan manusia itu kemudian menjadi relevan didiskusikan pada Senin, 5 Desember 2022, karena bertepatan dengan hari tanah sedunia.

Baca Juga: Jefri Nichol sukses KO Netizen yang menantangnya adu jotos di atas ring, dalam hitungan detik!

FAO melalui Global Soil Partnership (GSP) mengusung tema hari tanah tahun ini Soils: Where food begins alias tanah di mana pangan bermula.

Tanah menjadi tempat tumbuhnya biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan yang menjadi pangan manusia.

Demikian pula pangan berupa daging sapi, kerbau, kambing, dan ayam juga kualitasnya ditentukan oleh tanah karena pakan hewan berasal dari tanaman yang tumbuh di atas tanah.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X