Mantan Ketum PBNU, Said Aqil Siradj ungkap Pentingnya Wujudkan Ketahanan Energi!

- Jumat, 18 November 2022 | 14:00 WIB
KH Said Aqil Siroj (kanan) berbicara dalam acara diskusi tentang Tata Kelola Energi di masa depan, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/11/2022). (Ryan Suryadi/RRI)
KH Said Aqil Siroj (kanan) berbicara dalam acara diskusi tentang Tata Kelola Energi di masa depan, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/11/2022). (Ryan Suryadi/RRI)


PURWAKARTA ONLINE, Jakarta - Ketua Dewan Pembina Islam Nusantara Foundation (INF) yang juga dikenal sebagai mantan Ketum PBNU, KH Said Aqil Siroj mengatakan, tata kelola energi penting untuk mewujudkan kedaulatan energi.

Negara Indonesia memiliki kekayaan energi dan kekuatan sumber daya alam yang luar biasa.

"Kita besar dari demografi, kaya dengan sumber daya alam yang luar biasa. Hanya perlu kebijakan dan keberanian, serta SDM dan skill sempurna untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan energi kita," kata Kiai Said saat diskusi dengan sejumlah pakar terkait tata kelola energi di masa mendatang, di Jakarta Pusat, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: Menderita INSOMNIA dan Sudah Lelah? Baca Artikel ini!

Kiai Said ,mengatakan pangan dan energi yang ada di Indonesia, selama ini selalu dipengaruhi oleh kepentingan sekelompok kecil.

Kepentingan itu justru mendapat keuntungan luar biasa atau yang biasa disebut oligarki.

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini menjelaskan, bangsa Indonesia memiliki kekayaan energi dan kekayaan alam luar biasa.

Baca Juga: Daftar distributor resmi e-Materai dan bagaimana cara menggunakannya!

Hanya saja, perlu pengelolaan tepat oleh orang-orang ahli dan memiliki semangat ingin membangun kemandirian pertahanan energi dan pangan.

"Kita mengadakan diskusi ini karena krisis energi, krisis pangan ada di depan mata kita. Dan ternyata kalau ada kemauan untuk membangun ketahanan kedaulatan pangan, kedaulatan energi, kita sebenarnya mampu," ucap Kiai Said.***

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: RRI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cara agar anda tidak terjebak pinjol ilegal!

Senin, 9 Januari 2023 | 16:15 WIB

Suku bunga Fed melambat, harga Emas melonjak!

Sabtu, 7 Januari 2023 | 21:51 WIB

Harga BBM di Italia Rp30 ribu per liter!

Jumat, 6 Januari 2023 | 09:00 WIB
X