• Selasa, 16 Agustus 2022

Opung Luhut jamu Menlu Bosnia di rumah pribadinya, kerjasama ekonomi dua negara dipastikan meningkat

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 19:22 WIB
Menko Marves RI, Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) menuntun mesra Menlu Bosnia dan Herzegovina, Dr. Bisera Turkovic. Luhut menjamu Bisera di rumah pribadinya siang tadi, Sabtu (11/6/2022) (Instagram @luhut.pandjaitan)
Menko Marves RI, Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) menuntun mesra Menlu Bosnia dan Herzegovina, Dr. Bisera Turkovic. Luhut menjamu Bisera di rumah pribadinya siang tadi, Sabtu (11/6/2022) (Instagram @luhut.pandjaitan)

Purwakarta Online - Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan menyatakan kebahagiaannya dikunjungi oleh Menlu Bosnia Herzegovina, Dr. Bisera Turkovic di rumah pribadinya.

"Suatu kehormatan bagi saya pada sore hari kemarin menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Bosnia dan Herzegovina, Dr. Bisera Turkovic langsung di kediaman saya pribadi," tulis Luhut di Instagram, Sabtu (11/6/2022).

Sebuah pertemuan yang membawa Luhut terbawa pada ingatan masa lalu, pada 1995, saat ia masih menjadi prajurit aktif. Dimana saat itu, Presiden Soeharto berkunjung ke Bosnia Herzegovina, yang saat itu tengah konflik.

"Ingatan saya kembali pada masa-masa tahun 1995 dimana Presiden Soeharto pertama kali mengunjungi negara tersebut saat Perang Bosnia masih berkecamuk. Setelah mengalami masa peperangan yang begitu sulit selama kurang lebih 3 tahun lamanya, saya melihat Bosnia dan Herzegovina sudah semakin maju," lanjut Luhut.

Luhut menyadari, bahwa ikatan antara Indonesia dengan Bosnia telah lama terjalin. Dengan begitu akan mudah bagi kedua negara untuk membahas peluang investasi dan perdagangan.

"Karena itulah hari ini saya dan Dr. Bisera berdiskusi membahas peluang investasi dan perdagangan kedua negara di sektor pertahanan, dan pertanian, dan lain-lain. Saya dan Dr. Bisera juga menakar sektor-sektor mana yang potensial untuk kami eksplorasi," terang Luhut.

Dari postingan Instagram ini, juga diperoleh informasi bahwa antara Indonesia dan Bosnia merupakan negara sahabat. Kemudian telah ada usulan kerjasama dalam bidang strategis, berkaitan dengan kemiliteran dan industri pertahanan.

"Sebagai mantan prajurit militer, saya senang ketika mendengar dari beliau bahwa kedua negara sahabat ini berkomitmen untuk menindaklanjuti usulan kerjasama industri strategis, khususnya dalam pertukaran keahlian militer dalam produksi amunisi," tulis Luhut.

Baca Juga: Coklat hitam banyak manfaatnya, pecinta coklat wajib tahu!

Diamati dari postingan tersebut, Menteri Luhut tampak berusaha meyakinkan Menlu Bosnia, bahwa Indonesia sangat aman untuk berinvestasi. Tidak segan-segan, Luhut berujar bahwa iklim investasi Indonesia semakin kondusif dan banyak negara yang tertarik menanam modal.

"Melihat potensi investasi, saya melihat kemungkinan bisnis di Indonesia untuk berpartisipasi dalam proyek Infrastruktur Kemitraan Publik-Swasta Bosnia dan Herzegovina. Saya sampaikan kepada beliau bahwa iklim investasi Indonesia semakin kondusif, terbukti banyak negara maju yang saat ini tertarik menanamkan modal nya ke Indonesia," lanjut Luhut.

'Opung' Luhut juga tidak segan bawa agama mayoritas dalam diskusi, diplomasi dan investasi ini. Sebagai dua negara yang mayoritas penduduknya muslim, Luhut kembali meyakinkan bahwa Indonesia dan Bosnia adalah sahabat dekat.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Analisa Usaha Manggis

Sabtu, 16 Juli 2022 | 04:00 WIB

7 BUMN ini akan dibubarkan!

Jumat, 15 Juli 2022 | 16:54 WIB

Benarkah inflasi di Indonesia terkendali?

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:51 WIB

Upaya OJK jaga stabilitas keuangan

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:41 WIB
X