TAHUKAH ANDA Ternyata Sepak bola merangsang motorik dan berpikir strategis anak!

- Sabtu, 5 November 2022 | 16:00 WIB
Jaka bin Enjang di SSB Pusaka Muda Purwakarta. Bermain bola membuat anak-anak berkembang motorik dan mampu bekerja sama (Purwakarta Online/Enjang Sugianto)
Jaka bin Enjang di SSB Pusaka Muda Purwakarta. Bermain bola membuat anak-anak berkembang motorik dan mampu bekerja sama (Purwakarta Online/Enjang Sugianto)

PURWAKARTA ONLINE, Jakarta - Ketua Ikatan Psikolog Klinis Wilayah DKI Jakarta Anna Surti Ariani mengatakan olahraga sepak bola memiliki banyak manfaat untuk anak-anak dalam mengembangkan motorik dan berpikir strategis.

"Mulai dari koordinasi motoriknya berkembang dan membangun kemampuan anak untuk berpikir strategis," ujar Anna ditemui dalam sebuah acara di Jakarta, Kamis.

Anna menjelaskan dalam proses tumbuh kembang, ada dua hal penting yang dilatih ketika anak bermain sepakbola yakni kedisiplinan dan bekerjasama.

Baca Juga: Fenomena alam 3 November 2022, bagaimana bisa Tengah Hari Lebih Awal?

Saat bermain bola, khususnya yang mengembangkan hobi tersebut secara profesional, anak dituntut untuk selalu disiplin agar bisa meningkatkan kemampuan.

Berlatih tiap hari, pantang menyerah dan tekun untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Selain itu, bermain bola pada anak juga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi, membaca situasi dan berpikir untuk menyelesaikan masalah serta mencari strategi.

Baca Juga: Mobil Honda WRV 2022, Ternyata Cuma Rp271 Jutaan!

Menurut Anna, seluruh kemampuan tersebut akan berguna di masa mendatang meski tidak menjadi pemain bola profesional.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Neymar vs Messi, siapa paling bagus?

Senin, 6 Februari 2023 | 12:39 WIB
X