Bumdes Bhakti Kencana Membangun sendi ekonomi di kaki Gunung Salak!

- Kamis, 1 Desember 2022 | 08:00 WIB
Pemandangan Gunung Salak di pagi hari. Bumdes Bhakti Kencana Membangun sendi ekonomi di kaki Gunung Salak (instagram @rizalinorio)
Pemandangan Gunung Salak di pagi hari. Bumdes Bhakti Kencana Membangun sendi ekonomi di kaki Gunung Salak (instagram @rizalinorio)

PURWAKARTA ONLINE, Jakarta - Lantunan merdu suara celempung dan angklung mengalun di antara tumbuhan padi persawahan di kaki Gunung Salak, Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Suara itu berasal dari tabuhan dan getaran tangan belasan mojang-jajaka berpakaian adat Sunda. Mereka sambil melenggak-lenggok mengikuti irama tepat di depan saung tempat masyarakat merayakan "seren taun".

Gelaran seren taun di Desa Purwabakti kali ini memang jauh lebih meriah dari sebelumnya. Upacara adat panen padi tahun ini dikemas dalam rangkaian kegiatan Jambore Wisata Desa yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor.

Baca Juga: PHK Massal Ruangguru, Kritik Rhenald Kasali: Lagi-lagi resesi global jadi kambing hitam!

Desa berjarak 20 kilometer dari Jalan Raya Leuwiliang-Bogor itu menjadi tuan rumah Jambore Wisata Desa berkat didirikannya objek wisata Terasering Cisalada oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bhakti Kencana.

Padahal, objek wisata tematik berbasis budaya itu baru dibangun enam bulan lalu, dari hasil keuntungan Bumdes Bhakti Kencana setelah menjalankan beberapa unit bisnis lainnya sejak 2018.

Terasering Cisalada menjadi motor baru penghasil keuntungan di sektor pariwisata bagi Bumdes yang dipimpin oleh Herdiansyah alias Ayong. Hingga kini, Bumdes Bhakti Kencana tercatat memiliki 16 objek wisata yang pengelolaannya melibatkan masyarakat desa.

Baca Juga: Rambut Putih ciri stres berlebihan!

Deretan objek wisata tersebut, yakni Curug Cikanirin, Kuta Cisakti, Curug Cibeungang, Curug Cigagak, Kebun Teh Cigarehong dan Panorama Pasir Limus.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cara agar anda tidak terjebak pinjol ilegal!

Senin, 9 Januari 2023 | 16:15 WIB

Suku bunga Fed melambat, harga Emas melonjak!

Sabtu, 7 Januari 2023 | 21:51 WIB

Harga BBM di Italia Rp30 ribu per liter!

Jumat, 6 Januari 2023 | 09:00 WIB
X