• Minggu, 27 November 2022

Atraksi Alek Bakajang di Nagari Gunung Malintang!

- Minggu, 15 Mei 2022 | 22:22 WIB
Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo saat membuka Tradisi Alek Bakajang di Gunuang Malintang. (Ade Suhendra)
Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo saat membuka Tradisi Alek Bakajang di Gunuang Malintang. (Ade Suhendra)

Purwakarta Online - Sejak pagi di hari keempat Lebaran 2022, Kamis (5/5/2022), suasana tepian Batang Mahat yang melintas di Jorong Koto Lamo, Nagari Gunung Malintang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota sudah ramai disesaki warga. Mereka tak hanya datang dari sekitar Jorong Koto Lamo, melainkan dari tujuh jorong lainnya di kenagarian seluas 249,43 kilometer persegi tersebut.

Ketujuh jorong atau desa itu adalah Batu Balah, Bancah Lumpur, Balik Bukik, Koto Mesjid, Bukit Talao, Sungai Pimping dan Lubuk Ameh. Tak sedikit pula yang datang dari kota-kota di sekitar Lima Puluh Kota, kabupaten di Sumatra Barat yang berbatasan dengan Provinsi Riau.

Kemeriahan warga di tepian Batang Mahat yang dikenal juga sebagai Sungai Kampar Baru, dapat terlihat jelas dari sisi Jembatan Koto Lamo. Jembatan yang membentang sepanjang 80 meter ini merupakan penghubung Gunung Malintang dengan lima nagari lainnya di Pangkalan Koto Baru.

Baca Juga: Vario 160, Jawaban Honda Terhadap Aerox 155!

Ratusan warga, umumnya anak-anak dan remaja, turun ke sungai yang pagi itu debit airnya surut yang di beberapa tepiannya mulai tampak batu-batu kali sebesar kepala orang dewasa. Sebagian anak-anak bergembira bermain di atas perahu-perahu karet yang melintas di air dangkal setinggi dada orang dewasa.

Tak terlihat raut takut akan tenggelam di wajah mereka. Maklum saja, mereka sudah sangat mengenal sungai ini karena sehari-hari selalu berenang di sekitarnya. Perahu-perahu karet tadi umumnya mereka sewa kepada pedagang-pedagang yang berjualan di bawah tenda-tenda plastik aneka warna di tepian Batang Mahat, satu dari enam sungai yang melintas di Gunung Malintang ini. Para pedagang ini biasanya menjual aneka kuliner seperti sate, bakso, dan minuman ringan.

Di sisi lain dari sungai ada pemandangan tak biasa yang begitu mencolok mata. Sebanyak lima kapal pesiar terlihat berjejer berlabuh dalam jarak yang begitu rapat di tepian sungai. Corak kelima kapal wisata ini pun hampir seragam, didominasi warna putih dengan umbul-umbul bendera merah putih terhias di bagian atas kapal.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022 capai 87 juta orang, berjalan aman dan picu kenaikan ekonomi!

Meski sedang berlabuh, kapal-kapal ini justru tidak menurunkan jangkar mereka seperti lazimnya yang dilakukan angkutan sejenis. Kapal-kapal itu mengandalkan tali tambang seukuran jempol kaki orang dewasa untuk menambatkan diri ke batang pohon kelapa yang banyak tumbuh di tepian sungai selebar hampir 50 meter itu.

Ratusan warga tampak menyemut di sekitar kapal. Lucunya, tinggi badan kapal hanya sekitar tiga kali tinggi tubuh orang dewasa sehingga kehadiran kapal-kapal ini tak ubahnya kapal pesiar mini saja. Jangan pula bandingkan dengan Symphony Of The Sea, kapal pesiar terbesar di dunia milik operator kapal pesiar ternama Royal Carribean, yang tinggi dari dasar hingga ke puncaknya saja mencapai 72 meter atau setinggi bangunan 20 lantai.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: Indonesia.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

168 obat yang dinyatakan aman oleh Badan POM

Jumat, 18 November 2022 | 18:00 WIB

Menderita INSOMNIA dan Sudah Lelah? Baca Artikel ini!

Kamis, 17 November 2022 | 22:00 WIB

Cara Daftar Nikah Online menggunakan SIMKAH!

Rabu, 16 November 2022 | 18:00 WIB

5 Cara Jaga Kekebalan Tubuh Saat Musim Hujan!

Rabu, 16 November 2022 | 13:00 WIB

4 Jenis Makanan untuk Cegah Flu Saat Musim Hujan!

Selasa, 15 November 2022 | 16:00 WIB

4 RAHASIA NEUROSAINS Agar Anak Cepat Dalam Belajar!

Senin, 14 November 2022 | 19:00 WIB

Kena 'Somasi' Guru Gembul Klarifikasi Videonya Sendiri!

Minggu, 13 November 2022 | 13:01 WIB

5 Kebiasaan yang Bisa Mempercepat Penuaan!

Sabtu, 12 November 2022 | 21:00 WIB

5 cara alami obati asam urat!

Kamis, 10 November 2022 | 10:00 WIB
X