• Selasa, 7 Februari 2023

Ekonomi Kolaboratif dalam bisnis media ala Agus 'Sulis' Sulitriyono

- Jumat, 15 April 2022 | 02:02 WIB
Agus Sulistriyono, CEO Promedia dan PRMN (Foto: Promediateknologi.com)
Agus Sulistriyono, CEO Promedia dan PRMN (Foto: Promediateknologi.com)

Purwakarta Online - Chief Executive Officer (CEO) Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) dan Promedia, Agus Sulistriyono atau akrab disapa Sulis menciptakan sistem ekonomi kolaboratif yang direalisasikan dalam bisnis media.

Dengan sistem ekonomi kolaboratif yang ia rancang, mantan petinggi media Grid di grup Kompas Gramedia ini telah berhasil membangun jaringan mitra sebanyak tidak kurang dari 500 media di seluruh Indonesia.

Agus Sulistriyono menyampaikan presentasi tentang model bisnis medianya di hadapan para pegiat media dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wartawan Online (IWO) di Sentul, Bogor Jawa Barat pada tanggal 11-12 Desember 2021 yang lalu.

Baca Juga: 43 Peluang usaha di kampung atau di desa

Kata Sulis, ekonomi Kolaboratif yang ia tawarkan memiliki azas gotong royong. Dengan tujuan untuk membangun kemandirian ekonomi para mitra dan para content creator.

"Dengan azas gotong royong untuk membangun ekonomi secara mandiri," kata Sulis menjelaskan ekonomi Kolaboratif dalam bisnis media era saat ini.

Sulis kemudian menjelaskan pola bagi hasil dalam kerangka kerja sama antara mitra dengan promedia atau PRMN.

"Di PRMN dan di Promedia itu, kita ngajak lebih cerdas gitu ya. Mau dapat bulanan banyak, kontennya harus banyak tetapi SDM-nya tidak seratus persen digaji. Tetapi dengan komposisi 30 (berbanding) 70 persen. 70 (persen) itu sebenarnya koresponden," terang Sulis.

Baca Juga: Dampak Perang Rusia-Ukraina bagi dunia usaha di Purwakarta

Dijelaskan lebih lanjut, sistem bagi hasil di promedia dan PRMN. Menurut Sulis, berdasarkan riset yang ia lakukan konten tulisan biasanya dibayar hanya 5-10 ribu per artikel.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cara agar anda tidak terjebak pinjol ilegal!

Senin, 9 Januari 2023 | 16:15 WIB

Suku bunga Fed melambat, harga Emas melonjak!

Sabtu, 7 Januari 2023 | 21:51 WIB

Harga BBM di Italia Rp30 ribu per liter!

Jumat, 6 Januari 2023 | 09:00 WIB
X