• Selasa, 16 Agustus 2022

Sate Madura: Sejarah, Asal-usul, Resep hingga cara membuat sate madura di rumah!

- Jumat, 8 April 2022 | 20:14 WIB
Sate Madura di Cikubang, Kiarapedes, Purwakarta
Sate Madura di Cikubang, Kiarapedes, Purwakarta

Purwakarta Online - Apa yang anda ingat jika mendengar tentang sate madura? Apakah anda tahu sejarah dan asal usul sate madura? Apakah anda pernah mencicipi atau bahkan membuat sendiri sate madura?

Sate madura adalah masakan yang sangat populer di Indonesia, disamping jenis olahan sate lainnya. Seperti di Purwakarta tentu kita mengenal sate maranggi yang sangat khas.

Menarik sekali jika kita sekarang bahas sate madura. Sejarah sate madura, asal-usul sate madura, apa yang khas dari sate madura, resep sate madura hingga bagaimana langkah-langkah cara membuat sate madura. Mari kita mulai!

Kostum sate ayam madura yang digunakan Aurra Kharishma perwakilan Indonesia pada ajang Miss Grand International 2021 menjadi perhatian publik. Kostum tersebut terlihat menarik karena dilengkapi dengan tempat pemanggang sate lengkap dengan hiasan tusuk sate.

Baca Juga: Dari mana klub sepak bola Indonesia mendapatkan uang? Kenapa para artis mulai terjun di bisnis ini?

Aurra juga mengenakan penutup kepala berbentuk tusuk sate serta dagingnya dan menggunakan kaos bergaris merah putih khas Madura. Tak hanya itu. Kostum Aurra juga dilengkapi dengan bentuk sate di atas piring yang lengkap dengan irisan bawang merah, cabai, dan jeruk nipis.

 

Sate Madura adalah....

Sate Madura adalah sate yang memiliki bumbu khas Madura. Sate Madura biasanya terbuat dari ayam. Madura selain terkenal sebagai pulau garam, juga terkenal dengan satenya. Sate madura sudah terkenal di seluruh Nusantara, Sate Madura dapat ditemukan hampir di semua daerah khususnya di kota besar seperti Medan, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Konon di Madura sendiri sate susah dicari.

Tetapi selain ayam sebagai bahan utama sate juga ada yang menggunakan kambing yang ditandai dengan digantungnya bagian kaki belakang si kambing di rombong sang penjual sate. Bumbunya adalah campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Bumbu kecap juga menjadi salah satu khas dari Pamekasan yang cukup nikmat untuk disantap.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: Dari Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Analisa Usaha Manggis

Sabtu, 16 Juli 2022 | 04:00 WIB

7 BUMN ini akan dibubarkan!

Jumat, 15 Juli 2022 | 16:54 WIB

Benarkah inflasi di Indonesia terkendali?

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:51 WIB

Upaya OJK jaga stabilitas keuangan

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:41 WIB
X