• Selasa, 16 Agustus 2022

Workshop Kopi Purwakarta 2021

- Jumat, 8 April 2022 | 21:53 WIB
Workshop Kopi Purwakarta 2021 (Foto: Purwakarta Online)
Workshop Kopi Purwakarta 2021 (Foto: Purwakarta Online)

Purwakarta Online - Petani dan pelaku usaha kopi di kabupaten berkumpul di sebuah kafe di Purwakarta, mereka mengikuti sebuah workshop yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Petani kopi datang dari wilayah paling ujung Kabupaten Purwakarta, seperti Kecamatan Kiarapedes dan Kecamatan Sukasari.

Dari Kecamatan Sukasari, jenis kopi yang dibudidayakan saat ini adalah robusta, sedangkan dari Kecamatan Kiarapedes ada kopi arabika juga robusta.

Di Kecamatan Kiarapedes, petani kopi melakukan budidaya di Gunung Burangrang, yang menjadi Hutan Pangkuan Desa (HPD) Pusakamulya, yang tergabung dalam Kelompok Tani Barong Mulya dan LMDH Giri Pusaka.

Baca Juga: Pian Ahmad tidak sabar ingin segera berjualan Kopi Asli Purwakarta di Bazar Ramadhan KNPI Kiarapedes

Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian kabupaten Purwakarta menyelenggarakan Workshop Wirausaha Kopi Purwakarta. Peserta terdiri dari petani kopi, para barista dan pelaku usaha kopi di Kabupaten Purwakarta.

Workshop Wirausaha Kopi Purwakarta diselenggarakan selama dua hari, Kamis dan Jum'at, tanggal 25-26 Nopember 2021 di Kafe Umam, Purwakarta.

Usai penutupan Workshop, Kepala Bidang UKM Ahmad Nizar mengatakan Workshop Wirausaha Kopi Purwakarta bertujuan untuk meningkatkan komunikasi antar lini usaha, baik usaha tani kopi, cafe maupun pengolah.

"Untuk meningkatkan perkopian di (Kabupaten) Purwakarta. Terutama dari sisi pengetahuan dan wawasan. Kita semua kumpul di sini, petaninya ada, dari barista, yang usaha cafe," terang Nizar.

Workshop Kopi Purwakarta 2021
Dengan workshop, setiap sesi materi dipraktekkan langsung oleh peserta. Sehingga materi bisa lebih optimal terserap. Antara petani kopi dengan pelaku usaha di hilir perlu saling memahami. Ekosistem usaha diharapkan akan terus meningkat.

"Kita duduk bersama, sama-sama usaha di dunia kopi, saling memahami kebutuhan satu sama lain," tutur Nizar.

Workshop Wirausaha Kopi Purwakarta menghadirkan seorang ahli di dunia usaha kopi Indonesia, yaitu Faisal, atau lebih akrab dipanggil Pak Cik.

"Kita hadirkan Coach yang terbaik, Pak Cik Faisal, seorang expert di dunia kopi Indonesia," kata Nizar.

Meskipun saat ini kopi Purwakarta masih menargetkan serapan kopi di tingkat lokal, namun Ahmad Nizar berharap di masa yang akan datang kopi dari Purwakarta bisa menjadi kopi yang terbaik di Indonesia.

"Semoga kopi Purwakarta menjadi yang terbaik di Indonesia," pungkas Nizar.
 

Saepudin, Wulan, Taufik dan Enjang Sugianto, peserta workshop kopi Purwakarta dari unsur petani mengaku senang, karena dengan mempraktekkan langsung bagaimana cara 'mencium' dan meng-cupping kopi mereka menjadi lebih tertantang untuk memproduksi kopi yang lebih bagus lagi.

Peserta sangat bersemangat ketika praktik berlangsung, terutama saat menyeduh kopi, baik dengan teknik manual brew maupun menggunakan menggunakan mesin esspreso seperti membuat latte art.***
 

Editor: Enjang Sugianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Analisa Usaha Manggis

Sabtu, 16 Juli 2022 | 04:00 WIB

7 BUMN ini akan dibubarkan!

Jumat, 15 Juli 2022 | 16:54 WIB

Benarkah inflasi di Indonesia terkendali?

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:51 WIB

Upaya OJK jaga stabilitas keuangan

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:41 WIB
X