• Selasa, 16 Agustus 2022

Datanglah ke Taman Arkeologi Leang-leang di Maros, dan kita akan lari ke Nusantara di 5000 tahun yang lalu

- Selasa, 28 Juni 2022 | 21:16 WIB
Taman Arkeologi Leang-leang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Screenshot video, Minggu (26/6/2022). (Enjang Sugianto/PurwakartaOnline.com)
Taman Arkeologi Leang-leang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Screenshot video, Minggu (26/6/2022). (Enjang Sugianto/PurwakartaOnline.com)

Purwakarta Online - Penulis sudah berada di rumah, di Purwakarta, Jawa Barat. Tapi ingatan penulis masih terpaut kuat di sebuah taman prasejarah, Taman Arkeologi Leang-leang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Taman Arkeologi Leang-leang benar-benar menakjubkan, penulis seakan tidak percaya dengan apa yang penulis lihat. Berada di taman purbakala Leang-leang sungguh di luar ekspektasi.

Batu-batu berserakan terukir selama ribuan atau mungkin jutaan tahun. Terserak secara alami, lalu pengelola membuatkan jalur pejalan kaki dengan 'paving blok'.

Sekitar bebatuan ditanami rumput yang dipelihara dengan baik, sehingga seolah itu adalah taman. Kita tidak mungkin tidak betah berada di tempat seindah itu.

Penulis berada di Kontingen Pra Penas KTNA 2022 di Maros, Sulawesi Selatan. Berada di Maros sejak 23 Juni hingga 27 Juni 2022 kemarin.

Baca Juga: Inilah foto wajah suami Jang Nara, padahal pernikahan sangat tertutup!

Tidak ada rencana untuk berwisata, bahkan tulisan tentang kehidupan prasejarah penulis peroleh hanya dari buku-buku dan artikel di internet.

Sepanjang perjalanan dari Lapangan Palantikang menuju Leang-leang penulis sudah dibuat takjub dengan pemandangan gunung batu yang unik.

Penulis minta mobil yang ditumpangi untuk berhenti, penulis ingin mengambil foto gunung dari jalan raya. Tapi teman-teman tidak mengizinkan, karena waktu kami terbatas.

Penulis akhirnya paham, kenapa sopir tidak berhenti dan menyarankan untuk terus melanjutkan perjalanan hingga sampai Taman Arkeologi Leang-leang. 

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasir putih yang indah di Pulau Banyak, Aceh

Minggu, 5 Juni 2022 | 23:01 WIB

Tiket Wisata Ujung Aspal naik sementara waktu!

Selasa, 17 Mei 2022 | 13:36 WIB

4 Objek wisata gratis di Jember

Sabtu, 30 April 2022 | 20:59 WIB
X