• Selasa, 16 Agustus 2022

Lukisan purba 40.000 tahun di Gua Maros, jadi saksi tingginya Peradaban Purba Nusantara!

- Senin, 27 Juni 2022 | 23:02 WIB
Lukisan purba di Gua Maros, Sulawesi Selatan, terdapat gambar Babi Hutan dan Telapak Tangan (Enjang Sugianto - PurwakartaOnline.com)
Lukisan purba di Gua Maros, Sulawesi Selatan, terdapat gambar Babi Hutan dan Telapak Tangan (Enjang Sugianto - PurwakartaOnline.com)

Purwakarta Online - Lukisan purba yang diperkirakan berusia 40 ribu tahun menjadi saksi tingginya 'peradaban' pra sejarah di Nusantara.

Selain lukisan tersebut memang menakjubkan, disebutkan oleh Bupati Maros, Chaidir Syam dalam sebuah zoom meeting bahwa di situ terdapat pula DNA tertua di dunia berumur 7.500 tahun.

Penulis sangat beruntung bisa memasuki gua purba di Taman Prasejarah Leang-leang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan karena menjadi peserta Pra Penas KTNA 2022 yang berlangsung antara tanggal 25 hingga 27 Juni 2022.

Wilyanti, peserta Pra Penas KTNA 2022 asal Purwakarta akan turun dari mulut gua di tebing gunung batu di Lelang Leang, Kabupaten Maros, Minggu (26/6/2022). (Enjang Sugianto - PurwakartaOnline.com)

Untuk memasuki gua tersebut sebetulnya sangat sulit, karena gua berada di tebing batu yang sangat curam.

Oleh karena itu, pengelola sengaja membangun sebuah tangga besi, sehingga memudahkan pengunjung untuk masuk ke gua tersebut.

Baca Juga: Inilah foto wajah suami Jang Nara, padahal pernikahan sangat tertutup!

Selain itu, gua purba tersebut tidak bisa dimasuki sembarangan. Pengelola mengunci pintu kembali jika pengunjung sudah selesai berkunjung.

Hal ini tidaklah mengherankan, karena gua dan lukisan tersebut sangatlah berharga. Dari sisi sejarah maupun dari segi potensi wisata.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasir putih yang indah di Pulau Banyak, Aceh

Minggu, 5 Juni 2022 | 23:01 WIB

Tiket Wisata Ujung Aspal naik sementara waktu!

Selasa, 17 Mei 2022 | 13:36 WIB

4 Objek wisata gratis di Jember

Sabtu, 30 April 2022 | 20:59 WIB
X