Zaenx: Dibanding sekolah, peran keluarga lebih besar bagi pendidikan anak

- Kamis, 23 Juni 2022 | 20:09 WIB
Asep Rahmat Saleh Setiaji atau Zaenx memberikan sambutan dalam Samenan SDN 2 Pusakamulya  (Foto: Enjang Sugianto )
Asep Rahmat Saleh Setiaji atau Zaenx memberikan sambutan dalam Samenan SDN 2 Pusakamulya (Foto: Enjang Sugianto )

Purwakarta Online - Ketua Komite SDN 2 Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, Asep Rahmat Saleh Setiaji atau Zaenx mengingatkan para orang tua dan wali murid bahwa tanggung jawab pendidikan tetap lebih besar di rumah.

Disampaikan Zaenx saat sambutan dalam acara prosesi Kenaikan Kelas dan Perpisahan SDN 2 Pusakamulya pagi tadi, Kamis (23/6/2022).

Menurut Zaenx durasi jam sekolah lebih sedikit dibanding waktu di luar sekolah. Oleh karena itu, Zaenx mengingatkan bahwa tanggung jawab pendidikan anak jangan sampai 'dibebankan' secara berlebihan ke lembaga sekolah.

"Hitung berapa jam di sekolah, berapa jam di rumah, selain di sekolah? Artinya peran orang tua (dan Wali Siswa) sangat besar dalam pendidikan anak," ujar Zaenx.

Selain terkait durasi, Zaenx pun mengulas tentang pendidikan karakter. Selain pendidikan formal, orang tua dan keluarga di rumah siswa menjadi sangat penting dalam membentuk karakter dan kekuatan mental anak.

"Adab, sopan santun dan karakter-karakter lainnya akan terbentuk dari keluarga. Bagaimana undak-usuk basa, hormat ka saluhureun, nyaah ka sahandapeun, itu terbentuk paling dominan dari lingkungan keluarga," terang Zaenx di hadapan para orang tua siswa SDN 2 Pusakamulya.***

Editor: Enjang Sugianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X