• Rabu, 5 Oktober 2022

Desa Kiarapedes bangun Taman Adhyaksa untuk edukasi pertanian

- Selasa, 12 Juli 2022 | 14:39 WIB
Serah terima Benih dari Pemerintah Desa Kiarapedes, diwakili Pendamping Lokal Desa (PLD) kepada warga Desa, PKK dan KWT. Selasa (12/7/2022).  (Enjang Sugianto/Purwakarta Online )
Serah terima Benih dari Pemerintah Desa Kiarapedes, diwakili Pendamping Lokal Desa (PLD) kepada warga Desa, PKK dan KWT. Selasa (12/7/2022). (Enjang Sugianto/Purwakarta Online )

 

PURWAKARTA ONLINE - Melalui Dana Desa (DD), Desa Kiarapedes Kecamatan Kiarapedes membangun permakultur yang menjadi pusat edukasi pertanian bagi warga desa.

Kepala Desa Kiarapedes, Eden Sudana, SS memberikan perhatian besar terhadap dunia pertanian, selaras dengan sumber ekonomi warganya.

"Warga desa kami mayoritas bertumpu pada pertanian, maka pemerintah desa membangun ini untuk memperkuat pertanian dan ketahanan pangan berkelanjutan di masyarakat," ujar Eden kepada Purwakarta Online, Selasa (12/7/2022).

Dengan adanya Dana Desa, menurutnya Pemerintah Desa lebih leluasa mengembangkan potensi yang ada di desa.

Baca Juga: Gempa Terkini: Gempa Bumi di Lumajang Magnitudo 5,4 SR!

Ditambah lagi dengan adanya dukungan pemerintah pusat, yang membuat program Ketahanan Pangan yang dianggarkan dari dana desa.

Mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara TA 2022.

Disebutkan Pasal 5 Ayat (4) Dana Desa sebagaimana untuk dimaksud pada ayat (1) huruf b ditentukan penggunaannya salah satunya untuk Program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20%.

Permakultur yang dibangun di samping Kantor Desa Kiarapedes ini diberi nama Taman Adhyaksa, karena Desa Kiarapedes menjadi percontohan desa Sadar Hukum tingkat Provinsi Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tendangan Kungfu Tentara untuk Penonton Sepakbola!

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:56 WIB

Dukung UMKM, BUMDes pasarkan produk warga desa!

Rabu, 14 September 2022 | 14:58 WIB
X