• Selasa, 16 Agustus 2022

Mulai Berlakukan Tilang Elektronik, Polri Akan Gelar Operasi Patuh 2022

- Selasa, 7 Juni 2022 | 01:04 WIB
Salah satu perangkat tilang elektronik yang diterapkan Korlantas Polri/Pikiran Rakyat.com
Salah satu perangkat tilang elektronik yang diterapkan Korlantas Polri/Pikiran Rakyat.com

Purwakarta Online – Korlantas Polri dalam beberapa hari ke depan akan melaksanakan Operasi Patuh 2022 mulai tanggal 13 hingga 26 Juni 2022. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Pasalnya, masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi peranturan lalu lintas, seperti tidak menggunakan helm dalam perjalanan, tidak menggunakan spion pada kendaraan roda dua dan menggunakan kaca film yang gelap untuk kendaraan roda empat.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, “Operasi Patuh 2022 mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dan penegakan hukum dengan dua cara, yakni dengan tilang, baik itu dengan tilang elektronik (ETLE) statis dan mobile serta dengan penindakan teguran. Jadi tidak ada pelaksanaan penegakan hukum dengan tilang manual,” 

Ia menambahkan dalam pelaksanaan Operasi Patuh 2022, Korlantas Polri bertujuan untuk mengajak masyarakat tertib dalam disiplin berlalu lintas.

Baca Juga: Deddy Corbuzier nikahi Sabrina Chairunnisa, videonya bocor di instagram!

“Itu menjadi sasaran utama, yang kedua itu menurunkan bagaimana angka pelanggaran maupun angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” tambah Eddy.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi juga menjabarkan agar petugas di lapangan memahami pahami betul sasaran operasi dengan melaksanakan operasi secara maksimal dan sungguh-sungguh.

Namun, upayakan selalu melalui pendekatan secara humanis, dan lakukan sosialisasi, edukasi, dan imbauan secara simpatik ke masyarakat, baik secara langsung di lapangan maupun memanfaatkan media sosial. Sehingga operasi nantinya dapat meningkatkan disiplin berlalu lintas dan meminimalisir kasus laka lantas.

Baca Juga: Ramlan Maulana penggagas ISNU Purwakarta

“Kepada masyarakat juga, mari bersama-sama kita dengan petugas untuk lebih tertib berlalu lintas. Siapkan semuanya, kendaraan, fisik, surat-suratnya, taati aturan-aturan yang ada selama berlalu lintas, jadi kita bersama bisa menyelamatkan anak bangsa,” pungkas Eddy.***

Halaman:

Editor: Febri Nugrahadi

Sumber: korlantas.polri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK OTT Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB

Mahfud MD akui berperan dalam kasus Ferdy Sambo!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:00 WIB
X