• Rabu, 5 Oktober 2022

Kopi Kobura, Kopi dengan Citarasa 'Very Good-Excellent Specialty'

- Kamis, 9 Juni 2022 | 22:55 WIB
ilustrasi kopi (Foto dok. pixabay)
ilustrasi kopi (Foto dok. pixabay)

Purwakarta Online - Robusta merupakan salah satu varietas kopi yang banyak dibudidayakan oleh petani di dataran menengah sampai rendah.

Wilayah yang dikenal memiliki produksi Kopi Robusta dengan mutu cita rasa dengan kategori Very good-Excellent specialty (Skor > 80) adalah wilayah kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan.

Pada tahun 2021, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan telah melepas klon kopi Kobura 1, Kobura 2 dan Kobura 3. Tiga klon lokal kopi Robusta tersebut telah dibudidayakan oleh petani sejak tahun 1990-an dan saat ini telah dikembangkan secara luas di Kabupaten OKU Selatan, salah satunya di Kecamatan Banding Agung.

Hasil uji mutu citarasa berdasarkan olah natural yang mengacu pada protokol SCAA menunjukkan, semua klon yang diuji (Kobura 1, Kobura 2, dan Kobura 3) menghasilkan produk mutu seduhan dengan kategori Very good-Excellent . Karakter fragrance/aroma dari masing-masing klon mempunyai spesifikasi tersendiri.

Baca Juga: Eril Anak Ridwan Kamil Ditemukan Meninggal Dunia 2 Minggu Setelah Pencarian

Klon Kobura 1 termasuk kategori Very good (skor 84,00), dengan fragrance/aroma Caramelly, Nutty (soy Bean), Spicy, dan Vanila. Klon Kobura 2 termasuk kategori Excellent (skor 88,00), dengan fragrance/aroma Caramelly,Flowery, very Sweet, Vanila. Klon Kobura 3 termasuk kategori Excellent (skor 86,00), dengan fragrance/aroma Caramely, Nutty, Soy Bean, Chili, Vanila.

Masing-masing klon memiliki beberapa karakter morfologi kualitatif dan kuantitatif yang unik dan mudah dibedakan satu dengan lainnya. Tipe percabangan ketiga klon tersebut hampir sama yaitu lentur menjuntai. Perbedaan akan terlihat pada pucuk daun (flush) klon Kobura 1 dan Kobura 2 yang berwarna hijau muda, Kobura 3 berwarna hijau kecokelatan sedangkan Bangkalan (pembanding) berwarna kecokelatan.

Bunga klon Kobura 1 berukuran sedang, Kobura 2 agak besar, sementara kobura 3 agak kecil. Diskus klon Kobura 1 dan Bangkalan berukuran besar dan rata, sementara Kobura 2 dan Kobura 3 berukuran kecil dan agak menonjol. Bentuk buah dari ketiga klon tersbut juga bervariasi, dimana klon Kobura 1 dan Bangkalan memiliki bentuk buah yang bulat (roundish), Kobura 2 lonjong (oblong), dan Kobura 3 bulat lonjong (obovate).

Baca Juga: Ibu korban tabrak lari, ingin hukuman mati untuk Kolonel Priyanto!

Pengolahan biji kopi secara natural pada klon tersebut dapat menghasilkan flavor yang lebih kompleks dengan body lebih baik, acidity lebih rendah, dan munculnya aroma buah (fruity) yang lebih kaya.

Halaman:

Editor: Febri Nugrahadi

Sumber: litbang.pertanian.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Latar belakang adanya Hari Santri Nasional (HSN)

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:31 WIB

Sejarah Rumah Sakit Bayu Asih Sejak 1930!

Kamis, 15 September 2022 | 07:13 WIB

Guru Gembul Diancam Dibunuh!

Kamis, 15 September 2022 | 06:41 WIB
X