• Rabu, 30 November 2022

Bola Tangan Tuhan Maradona Dilelang Rp54 Miliar!

- Jumat, 18 November 2022 | 21:00 WIB
Bola 'Tangan Tuhan' yang digunakan pada pertandingan semifinal Piala Dunia 1986 antara Argentina kontra Inggris.
Bola 'Tangan Tuhan' yang digunakan pada pertandingan semifinal Piala Dunia 1986 antara Argentina kontra Inggris.


PURWAKARTA ONLINE, Jakarta - Bola yang disentuh tangan Diego Maradona untuk mencetak gol "Tangan Tuhan" yang terkenal saat Argentina melawan Inggris di Piala Dunia 1986 dijual di rumah lelang pada Rabu seharga £2 juta (Rp 36 miliar).

Bola warna putih merk Adidas "Azteca", yang dimiliki oleh wasit Tunisia pemimpin pertandingan itu, Ali Bin Nasser, diperkirakan akan terjual hingga £3 juta (Rp 54 miliar) ketika dilelang di Rumah Lelang Graham Budd yang berbasis di Inggris.

Lelang bola itu dilakukan enam bulan setelah jersey yang dikenakan Maradona pada pertandingan perempat final bersejarah di Mexico City tersebut terjual di pelelangan dengan harga hampir $9,3 juta (Rp 139 miliar) - lebih dari dua kali nilai yang diprediksi oleh balai lelang Sotheby.

Baca Juga: Menderita INSOMNIA dan Sudah Lelah? Baca Artikel ini!

Bola yang dilelang itu - dengan motif terinspirasi oleh arsitektur dan mural peradaban Aztec - digunakan selama 90 menit penuh pada pertandingan 1986 antara Argentina dan Inggris.

Penggunaan satu bola dalam pertandingan diterapkan selama bertahun-tahun sebelum peraturan sistem multi-bola diberlakukan di sepak bola.

Pertandingan Argentina-Inggris itu memanas karena ketegangan politik setelah Perang Falklands pada 1982 dan kemudian ditentukan oleh dua gol yang dicetak oleh mendiang Maradona, yang meninggal pada usia 60 tahun karena gagal jantung pada November 2020.

Baca Juga: VIRAL Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Pelaku SAN Ditangkap Polisi!

Untuk gol yang pertama, Maradona berlari ke dalam kotak penalti, melompat bersama penjaga gawang Inggris Peter Shilton dan meninju bola ke gawang.

Dia kemudian mengatakan gol itu dicetak "sedikit dengan kepala Maradona, sedikit dengan tangan Tuhan".

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prediksi Brasil vs Swiss

Senin, 28 November 2022 | 12:00 WIB

Maroko menang 2-0, Ibukota Belgia Rusuh!

Senin, 28 November 2022 | 07:00 WIB

RODRI Harus Rela Jadi False 4 di Timnas Spanyol!

Kamis, 24 November 2022 | 10:04 WIB
X