Bandara Trunojoyo akan pacu ekonomi masyarakat Madura dan Jawa Timur

- Rabu, 27 April 2022 | 00:26 WIB
Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura diresmikan Presiden Jokowi
Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura diresmikan Presiden Jokowi

Purwakarta Online - Masalah konektivitas sudah menjadi tuntutan pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Demikian pula yang terjadi dengan Indonesia.

Sebagai negara kepulauan, konektivitas menjadi sebuah keniscayaan. Oleh karena itu, Pemerintah terus menggenjot pembangunan bandar udara di sejumlah daerah untuk memacu pertumbuhan ekonominya.

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Trunojoyo, Sumenep, Madura. Tentu banyak yang bertanya kenapa kabupaten paling timur Pulau Madura itu membutuhkan sebuah bandara?

Ternyata bila ditelisik lebih jauh, kota yang terletak paling timur ternyata memiliki potensi bisnis yang cukup menjanjikan.

Baca Juga: Jokowi geram, pemerintah gelontorkan subsidi, minyak goreng digoyang mafia!

Sumenep juga dikenal sebagai kabupaten penghasil migas, selain daerah yang memiliki potensi pariwisata, pertanian dan perikanan. Dari sektor migas, di daerah itu terdapat delapan perusahaan migas yang sudah melakukan ekploitasi dan dua perusahaan yang masuk tahapan ekplorasi.

Artinya, keberadaan bandara itu sudah sangat tepat. Dengan adanya bandara itu, waktu tempuh ke Surabaya menjadi lebih singkat bila dibandingkan dengan menggunakan transportasi darat yang membutuhkan waktu selama tiga jam.

Ketika meresmikan Bandara Trunojoyo, di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, pada Rabu (20/4/2022), Presiden Jokowi mengharapkan kehadiran bandara bisa meningkatkan konektivitas dari dan ke Pulau Madura, serta membuka keterisolasian pulau-pulau terpencil yang ada di sekitarnya seperti Pulau Bawean dan Pulau Pagerungan.

“Alhamdulillah Bandara Trunojoyo telah selesai dibangun dan siap untuk dimanfaatkan melayani kebutuhan masyarakat di Pulau Madura dan pulau lainnya di sekitarnya,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: THR dan Gaji ke-13 fix ditandatangani Presiden Jokowi!

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: indonesia.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cara agar anda tidak terjebak pinjol ilegal!

Senin, 9 Januari 2023 | 16:15 WIB

Suku bunga Fed melambat, harga Emas melonjak!

Sabtu, 7 Januari 2023 | 21:51 WIB

Harga BBM di Italia Rp30 ribu per liter!

Jumat, 6 Januari 2023 | 09:00 WIB
X