• Minggu, 27 November 2022

Danau Sentani di Papua: Indah Alamnya, Luar Biasa Nilai Sejarahnya!

- Selasa, 8 November 2022 | 08:00 WIB
Cantiknya Danau Sentani dikelilingi pegunungan Cycloops ibarat Danau Toba. (IG@korwasilvester)
Cantiknya Danau Sentani dikelilingi pegunungan Cycloops ibarat Danau Toba. (IG@korwasilvester)

PURWAKARTA ONLINE, Jayapura - Decak kagum pun terlontar tatkala menjejakkan kaki di Danau Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapura, Papua. Sentani yang berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops, memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dengan lahan seluas itu, wajar bila Danau Sentani memiliki sumber daya alam yang sangat kaya. Ada berbagai spesies ikan air tawar yang hidup di dalam danau ini. Beberapa di antaranya menjadi spesies endemik Sentani.

Selain menyuguhkan keberagaman alam, danau yang berada tak jauh dari Bandara Sentani ini juga memiliki spot menarik lainnya, seperti bukit indah bernama Bukit Teletubbies.

Nama Teletubbies disematkan karena bukit itu berdiri berderet layaknya bukit di serial anak yang sempat ngehits pada 2000 lalu. Bukit yang memiliki nama asli Tungkuwiri itu, kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di seputaran Danau Sentani.

Baca Juga: Jauhkan Anak-anak, Yuk Akses Link Nonton Film 365 Days Season 3, Super Erotis Sub Indo Viral Tanpa IndoXXI

Terletak di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, bukit tersebut juga mampu memanjakan wisatawan yang naik ke puncaknya dengan keindahan Danau Sentani dan hamparan bukit hijau.

Nah, dari pelbagai spot menarik itu, wisatawan biasanya tak akan melewatkan keindahan matahari terbenam (sunset), yang menjadi momen favorit di kawasan itu.

Tidak itu saja, di Danau Sentani juga terdapat 22 pulau yang tersebar. Wisatawan dapat mengelilingi danau dengan menggunakan perahu wisata yang disewakan untuk menikmati keeksotisan panorama di sana.

Wisatawan juga bisa berenang, memancing, menyelam, ski air, dan wisata kuliner di kawasan danau. Dari 22 pulau, Pulau Asei merupakan salah satu yang cukup terkenal.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: indonesia.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Promosi Wisata, Selfie dan The Power of Millennials!

Selasa, 8 November 2022 | 10:00 WIB

Situ Begendit, Wisata Favorit di Garut Jawa Barat!

Senin, 7 November 2022 | 12:00 WIB

Demi Kelestarian Komodo, Pemerintah Batasi Kunjungan!

Senin, 7 November 2022 | 10:00 WIB

Wisata Danau Kaco, Mutiara Biru di Belantara Jambi!

Senin, 7 November 2022 | 06:00 WIB
X