• Selasa, 16 Agustus 2022

Cara cek izin OJK pinjaman online dan legalitas lembaga keuangan lainnya

- Senin, 13 Juni 2022 | 10:35 WIB
 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kini tengah mensosialisasikan program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir. (Foto: Ilustrasi)
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kini tengah mensosialisasikan program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir. (Foto: Ilustrasi)

 

Purwakarta Online - Jaman sekarang serba mudah. Komunikasi mudah, logistik relatif lebih banyak, dan yang paling perlu diwaspadai adalah kemudahan dalam pinjaman uang.

Lembaga pinjaman kian menjamur, termasuk lembaga pinjaman online. Dalam waktu beberapa menit kita bisa dapat fasilitas pinjaman tanpa harus keluar rumah.

Tapi, justru kemudahan ini bisa membuat kita terlena. Salah-salah, kita bisa ketagihan, ketergantungan, bahkan terlena hingga terjebak dengan pinjaman online.

Lebih gawat jika sudah terjerat pinjaman online yang ilegal. Bisa sangat ruwet urusannya, karena ada diantaranya oknum penyedia Pinjol tersebut yang menetapkan bunga terlalu besar, waktu pembayaran yang 'aneh', hingga penagihan yang tidak mengindahkan etika dengan menyebarkan aib.

Ya, Pinjol ini tentu bisa jadi pisau bermata dua. Banyaknya lembaga keuangan tentu saja membuat produk keuangan lebih mudah dijangkau.

Namun, banyak juga lembaga keuangan yang beroperasi tanpa izin dan berakhir merugikan masyarakat contohnya investasi bodong, pinjaman online tidak resmi, dan sebagainya.

Maka dari itu, pemerintah memiliki lembaga khusus yang membantu mengatur dan mengawasi hal tersebut. Kita mengenalnya sebagai Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Baca Juga: 102 Daftar Pinjaman Online Fintech berizin resmi OJK 2022

Mengenal Otoritas Jasa Keuangan

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: Dari Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Analisa Usaha Manggis

Sabtu, 16 Juli 2022 | 04:00 WIB

7 BUMN ini akan dibubarkan!

Jumat, 15 Juli 2022 | 16:54 WIB

Benarkah inflasi di Indonesia terkendali?

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:51 WIB

Upaya OJK jaga stabilitas keuangan

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:41 WIB
X