Rakit PC Sendiri Untuk WFH, Ini Tips nya

- Kamis, 2 Juni 2022 | 05:05 WIB
Ilustrasi Desk Set Up
Ilustrasi Desk Set Up

Purwakarta Online - Komputer atau Personal Computer (PC) adalah teman bekerja paling optimal untuk karyawan yang bekerja dirumah (WFH). Komputer yang lambat pasti akan membuat penggunanya kesal, apalagi ketika sedang mengerjakan tugas kantor komputer anda malah nge-hang atau merestart sendiri. Tentunya hal tersebut akan memperlambat proses kerja anda dan menguras tenaga anda karena harus mengulang kembali pekerjaan anda.

Banyak jenis komputer yang dijual dipasaran seperti Build-Up PC yang dikeluarkan oleh berbagai macam merk terkenal seperti Lenovo, Acer, Dell, dan merk lainnya. Namun terkadang performa yang didapat tidak terlalu memuaskan. Oleh karena itu banyak sekali orang yang lebih memilih untuk merakit komputernya sendiri.

Baca Juga: iPhone 14, Tanpa Notch!?

Adapun yang harus anda perhatikan untuk merakit komputer sendiri, yang utama adalah budget yang dimiliki serta tujuan penggunaan dari komputer tersebut, seperti untuk sekedar mengerjakan tugas pekerjaan saja ataupun untuk keperluan gaming, desain grafis dan editing video. Setelah budget dan tujuan penggunaan ditentukan maka anda dapat mulai belanja komponen apa saja yang dibutuhkan, berikut adalah komponen utama yang diperlukan untuk merakit komputer anda sendiri:

1. Power Supply
Power Supply (PSU) merupakan komponen komputer paling penting yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli, karena PSU bertugas mensuplai daya kedalam komputer anda sehingga dibutuhkan PSU yang baik supaya komponen komputer anda yang lainnya dapat bekerja dengan optimal dan aman dari konsleting.

2. Processor
Processor atau sering disebut CPU merupakan otak dari komputer anda. Banyak sekali macam-macam CPU yang beredar dipasaran dari brand-brand besar seperti Intel dan AMD. Anda cukup membeli CPU sesuai dengan kebutuhan anda, apabila komputer anda hanya akan digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor dan memutar film atau musik anda tidak memerluka CPU yang mahal seperti i7 atau bahkan AMD Threadripper. Banyak sekali CPU murah yang dapat memenuhi kebutuhan anda, contohnya Processor Intel series G atau AMD Athlon

3. Motherboard
Motherboard (MoBo) diperlukan sebagai tumpuan dari seluruh komponen komputer anda. Anda cukup membeli motherboard sesuai dengan CPU yang anda gunakan dengan pertimbangan beberapa ekstensi komponen maupun fitur sesuai kebutuhan anda. Adapun merk-merk terkenal yang sudah lama ada dipasaran seperti ASUS, Gigabyte, Asrock, Biostar, MSI, dan lain sebagainya.

4. Random Access Memory (RAM)
Saat ini ram yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai macam program komputer tanpa kendala adalah 8GB. Namun apabila anda butuh menjalankan berbagai macam program sekaligus mungkin anda perlu menggunakan RAM dengan kapasitas 16GB supaya program yang anda jalankan dapat tetap berfungsi dengan normal tanpa mengalami LAG. Beberapa merk RAM yang dapat menjadi referensi anda yaitu Corsair, Patriot, VGEN, Gskill, Kingston, dan berbagai merk lainnya.

5. Graphics Card / GPU Card / VGA Card
Sebenarnya anda tidak memerlukan GPU tambahan apabila anda tidak melakukan processing video yang berat atau memainkan game berat di komputer anda, karena di dalam CPU anda sudah terdapat GPU build-in yang cukup memumpuni. Namun ada beberapa series CPU yang tidak memiliki Build-in GPU sehingga anda memerluka GPU Card tambahan.

6. Storage / Hardisk
Sistem penyimpanan pada komputer zaman sekarang sangat bervariasi, diantaranya yaitu Hard disk, SSD, NVME dan lain sebagainnya. Apabila anda menginginkan performa yang cepat anda dapat menggunakan NVME maupun SSD sebagai penyimpanan utama anda. Meskipun begitu anda tentu saja dapat menggunakan hard disk sebagai penyimpanan anda untuk menghemat biaya, karena dengan harga yang sama anda dapat memperoleh kapasitas penyimpanan yang lebih besar jika menggunakan hard disk.

Halaman:

Editor: Ichwansyah Wiradimadja

Sumber: Desk Set Up

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Setahun lagi Apple mungkin rilis MacBook OLED!

Kamis, 12 Januari 2023 | 14:45 WIB

Mac layar sentuh diriis 2 rahun lagi!

Kamis, 12 Januari 2023 | 14:41 WIB

Analis yakini Apple tidak lagi rilis iPhone SE!

Senin, 9 Januari 2023 | 10:00 WIB

OnePlus akan debutkan TABLET dalam waktu dekat!

Senin, 9 Januari 2023 | 07:00 WIB

PlayStation 5 dulu sulit didapat, sekarang mudah!

Minggu, 8 Januari 2023 | 21:42 WIB

HEMAT BBM, Almaz Hybrid bisa lebih dari 19km/liter!

Jumat, 6 Januari 2023 | 08:00 WIB

Penjualan Volvo Cars turun di tahun 2022!

Jumat, 6 Januari 2023 | 07:00 WIB
X