Smartphone Anda Melambat? Simak Tips Berikut!

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 19:08 WIB
cara mudah hapus cache pada smartphone (Photo by Rodion Kutsaev on Unsplash)
cara mudah hapus cache pada smartphone (Photo by Rodion Kutsaev on Unsplash)

Purwakarta Online - Smartphone adalah salah satu alat komunikasi yang tidak pernah lepas dari genggaman masyarakat saat ini. Apapun jenisnya Android atau iOS pasti adakalanya kita merasa smartphone yang kita miliki menurun performanya, hal itu dapat disebabkan oleh umur penggunaan yang cukup lama atau sudah terlalu banyak data yang tersimpan di smartphone anda.

namun tahukah anda, bahwa smartphone yang anda gunakan dapat dikembalikan ke performa optimalnya, dengan beberapa trik sederhana.

1. Restart Smartphone Anda

Simpel bukan? dengan merestart smartphone anda sesekali anda memiliki kemungkinan untuk mengembalikan performa smartphone anda. Tentunya hal tersebut bukan kebetulan semata saja, merestart smartphone akan menghapus file penyimpanan sementara anda dan akan membersihkan RAM dari smartphone anda. Itulah mengapa merestart smarphone anda dapat meningkatkan perfoma device anda.

2. Update Smartphone Anda

Dengan mengupdate sistem smartphone anda secara berkala, itu akan menambah pembaharuan pada sistem dan memperbaiki beberapa kendala yang terjadi di versi lamanya. Apalagi apabila ada update besar maka memungkinkan smartphone anda dapat bertahan lebih lama.

Baca Juga: Rakit PC Sendiri Untuk WFH, Ini Tips nya

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Anda Gunakan

Setiap aplikasi di smartphone anda akan menghabiskan penyimpanan di smartphone anda. Setiap device memiliki batasan penyempanannya, dan semakin penuh penyimpanan di smartphone anda maka kemampuan smartphone dalam menjalankan aplikasi akan semakin berat. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menghapus aplikasi yang tidak sering anda gunakan.

4. Reset Smartphone Anda

Jika anda merasa telah melakukan berbagai cara namun smartphone anda tetap terasa lambat, maka anda dapat mencoba untuk mereset smartphone anda. Perlu diingat melakukan reset kepada smartphone anda akan mengembalikan smartphone anda ke setelan pabrik, tentu saja semua data dan aplikasi yang tersimpan di dalam smartphone anda akan ikut terhapus. Disarankan untuk melakukan back up terlebih dulu sebelum mereset smartphone anda***

Halaman:

Editor: Febri Nugrahadi

Sumber: Purwakarta Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Setahun lagi Apple mungkin rilis MacBook OLED!

Kamis, 12 Januari 2023 | 14:45 WIB

Mac layar sentuh diriis 2 rahun lagi!

Kamis, 12 Januari 2023 | 14:41 WIB

Analis yakini Apple tidak lagi rilis iPhone SE!

Senin, 9 Januari 2023 | 10:00 WIB

OnePlus akan debutkan TABLET dalam waktu dekat!

Senin, 9 Januari 2023 | 07:00 WIB

PlayStation 5 dulu sulit didapat, sekarang mudah!

Minggu, 8 Januari 2023 | 21:42 WIB

HEMAT BBM, Almaz Hybrid bisa lebih dari 19km/liter!

Jumat, 6 Januari 2023 | 08:00 WIB

Penjualan Volvo Cars turun di tahun 2022!

Jumat, 6 Januari 2023 | 07:00 WIB
X