Jokowi tinjau persemaian Rumpin Bogor, yang berkapasitas produksi 12 juta per tahun

- Rabu, 15 Juni 2022 | 11:22 WIB
Presiden Jokowi kunjungi Persemaian Rumpin di Bogor. Persemaian berkapasitas 12 ribu pohon per tahun (Indonesia.go.id)
Presiden Jokowi kunjungi Persemaian Rumpin di Bogor. Persemaian berkapasitas 12 ribu pohon per tahun (Indonesia.go.id)

Purwakarta Online - Lahan hijau seluas 128 hektare (ha) milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang didominasi bibit-bibit pohon sengon dan eukaliptus menjadi harapan untuk menghijaukan Indonesia. Lahan tersebut terletak di Jl Prada Samlawi, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Areal tersebut dinamakan Pusat Persemaian Rumpin, merupakan salah satu dari 30 pusat persemaian yang akan dibangun oleh pemerintah dengan kapasitas produksi 10--12 juta bibit per tahun.

Dengan demikian, dalam setahun dapat menghasilkan kurang lebih 360 juta bibit atau benih siap tanam yang berkualitas.

"Kalau benih atau bibitnya ada, mau tidak mau barang (bibit/benih) ini harus kita tanam. Jadi bukan berapa hektare yang akan kita kerjakan, tapi berapa produksi bibit yang dapat kita hasilkan," kata Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya meresmikan Peresmian Persemaian Rumpin, Peluncuran Rehabilitasi Mangrove, dan World Mangrove Center di Persemaian Rumpin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (10/6/2022).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara juga melepaskan bibit hasil. Produksi persemaian di Rumpin untuk didistribusikan ke sejumlah daerah di Indonesia. Terdapat empat jenis bibit tanaman yang dilepas oleh Presiden Jokowi, yaitu bibit manglid, sengon, salam, dan sirsak.

Baca Juga: Punya Kucing Peliharaan di Rumah? Pahami Gejala Kucing Terkena Rabies!

Dari produksi bibit tersebut nantinya akan dikirimkan ke kabupaten/kota di tanah air untuk ditanam di lahan kritis, daerah dengan potensi longsor tinggi, dan bagian hulu daerah aliran sungai (DAS).

Langkah konkret untuk merehabilitasi lingkungan ini, menurut Presiden Jokowi, sudah mulai dilakukan di sejumlah lokasi seperti sepanjang aliran Sungai Ciliwung.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menuturkan bahwa persemaian di Rumpin itu merupakan bentuk kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan perusahaan besar di tanah air.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berterima kasih kepada Bank Dunia dan Pemerintah Jerman yang turut mendukung terwujudnya pusat persemaian dengan tata kelola manajemen yang rapi.

Diharapkan, dalam tahun ini akan dituntaskan delapan pusat persemaian lainnya di beberapa daerah. Antara lain, sudah ada lima pusat persemaian lain yang akan menyusul beroperasi.

Pertama, Pusat Persemaian Ibu Kota Negara (IKN) di Kawasan Hutan Produksi, Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kedua, Pusat Persemaian Danau Toba di Kawasan Hutan Lindung Blok Sibisa, Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatra Utara.

Baca Juga: Jangan khawatir ! Berikut Fatwa MUI terkait Hukum dan Panduan Ibadah Kurban Saat Kondisi Wabah PMK

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: Indonesia.go id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X