• Minggu, 27 November 2022

6 Media digugat Rp100 triliun, Dewan Pers siapkan Ahli Pers untuk sidang di PN Makassar!

- Selasa, 14 Juni 2022 | 14:25 WIB
Perwakilan Koalisi Kebebasan Pers Sulsel (KKPS) menyerahkan surat pernyataan sikap kepada Dewan Pers, Senin 13 Juni 2022. (Foto : Dewan Pers)
Perwakilan Koalisi Kebebasan Pers Sulsel (KKPS) menyerahkan surat pernyataan sikap kepada Dewan Pers, Senin 13 Juni 2022. (Foto : Dewan Pers)

Purwakarta Online - 6 media di Sulawesi Selatan digugat perdata Rp100 triliun. 6 media tersebut adalah Antara News, Terkini News, Celebes News, Makassar Today, Kabar Makassar dan RRI.

Pihak penggugat adalah M. Akbar Amir, yang mengaku mengalami kerugian senilai Rp100 triliun akibat pemberitaan dari enam media diatas. M. Akbar Amir mengaku mengalami pembatalan proyek, setelah narasumber konferensi pers pada 2016 mempertanyakan kebenaran statusnya sebagai Raja Tallo.

6 media tersebut diperkarakan secara perdata di Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan. Kemudian, sejumlah organisasi jurnalis di Sulawesi Selatan yang menggabungkan diri dalam Koalisi Kebebasan Pers Sulsel mengadu kepada Dewan Pers.

Dalam hal ini, Koalisi Kebebasan Pers Sulsel menyatakan sikap mendukung terhadap 6 media yang diperkarakan di PN Makassar tersebut. Adapun pernyataan sikap tersebut ditandatangani oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Wartawan Online (IWO), Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI), IJTI, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan SMSI.

Koalisi Kebebasan Pers Sulsel mengutus UPI Asmarandhana untuk menyerahkan Surat Pernyataan Sikap tersebut secara langsung kepada Dewan Pers di Jakarta. Pada hari Senin 13 Juni 2022, Upi datang ke Gedung Dewan Pers di Jalan Kebon Sirih, Jakarta didampingi oleh Koordinator Komite Keselamatan Jurnalis, Erick Tanjung, kemudian Mustafa dari LBH Pers Jakarta, Nurina Savitry, Karina Maharani T dari Amnesty Internasional Indonesia.

Baca Juga: Purwakarta Nihil PMK, Bupati Sebar Petugas Pemeriksa Hewan Kurban!

Pertemuan di Gedung Dewan Pers dipimpin oleh Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers, Arif Zulkifli. Dalam pertemuan, UPI Asmarandhana diberi kesempatan untuk memaparkan Kasus Makassar.

Sebagaimana disampaikan UPI Asmarandhana, yang dikutip oleh portallebak.pikiran-rakyat.com, Dewan Pers akhirnya menyatakan kesiapannya untuk memberikan dukungan moril terhadap 6 media dalam Kasus Makassar. Untuk membantu enam media dalam mengahadapi sidang perdana di PN Makassar, Dewan Pers akan menyiapkan Ahli Pers.

"Surat pernyataan sikap sudah kami serahkan dan intinya Dewan Pers akan memberi atensi dan dukungan penuh terhadap kasus Makassar. Dewan Pers juga akan mengirim Ahli Pers dalam persidangan," terang Upi Asmardhana usai pertemuan di Lantai 7 Gedung Dewan Pers Jakarta.

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

11 Pembobol ATM Diringkus, Bank Rugi Rp400 juta

Jumat, 25 November 2022 | 16:00 WIB

Mensos Segera bawa bantuan untuk korban gempa Cianjur!

Selasa, 22 November 2022 | 20:00 WIB

Pasca Bencana Gempa, Cianjur Terancam Masalah Kesehatan!

Selasa, 22 November 2022 | 19:00 WIB
X