Data China mengecewakan, investor harus hati-hati, Saham Asia terombang-ambing!

- Rabu, 30 November 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi. Saham Asia terhuyung, investor hati-hati karena data China (Shutterstock)
Ilustrasi. Saham Asia terhuyung, investor hati-hati karena data China (Shutterstock)

 

PURWAKARTA ONLINE, Jakarta - Saham-saham Asia terhuyung-huyung pada awal perdagangan Rabu, karena investor tetap berhati-hati tentang jalan China untuk membuka kembali ekonominya setelah merilis data manufaktur yang mengecewakan, dengan saham China dan Hong Kong menghapus keuntungan kuat hari sebelumnya.

Indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang naik tipis 0,02 persen pada pukul 02.01 GMT, memangkas kerugian sebelumnya. Pada level saat ini, indeks akan membukukan kenaikan bulanan terbesar sejak April 1999.

Indeks Hang Seng Hong Kong dan indeks acuan saham unggulan China CSI300, dibuka masing-masing turun 0,4 persen dan 0,3 persen, karena aktivitas pabrik China berkontraksi lebih cepat dari perkiraan pada November.

Baca Juga: Rhenald Kasali Kritik PHK Massal Ruangguru: Numpang Exit Lewat Isu Resesi!

Aktivitas pabrik China semakin dalam bulan ini, sebuah survei resmi menunjukkan pada Rabu, terbebani oleh melemahnya permintaan global dan pembatasan COVID-19.

Kerugian di Hong Kong dan China membalikkan sentimen positif dari Selasa (29/11/2022), ketika pejabat China mengatakan negara itu akan mempercepat vaksinasi COVID-19 untuk orang lanjut usia.

Dorongan vaksinasi dipandang penting untuk melonggarkan pembatasan ketat selama hampir tiga tahun di ekonomi terbesar kedua di dunia itu, yang telah mengikis pertumbuhan ekonomi, mengganggu kehidupan jutaan orang, dan memicu protes yang belum pernah terjadi sebelumnya akhir pekan lalu.

Baca Juga: Rambut Putih ciri stres berlebihan!

Halaman:

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cara agar anda tidak terjebak pinjol ilegal!

Senin, 9 Januari 2023 | 16:15 WIB

Suku bunga Fed melambat, harga Emas melonjak!

Sabtu, 7 Januari 2023 | 21:51 WIB

Harga BBM di Italia Rp30 ribu per liter!

Jumat, 6 Januari 2023 | 09:00 WIB
X