• Kamis, 8 Desember 2022

Untuk apa Reasuransi?

- Kamis, 1 September 2022 | 23:41 WIB
Untuk apa reasuransi? Gambar: BUMN PT Reasuransi Indonesia Utama membuka lowongan kerja Management Trainee Program. ( Instagram @indonesiare)
Untuk apa reasuransi? Gambar: BUMN PT Reasuransi Indonesia Utama membuka lowongan kerja Management Trainee Program. ( Instagram @indonesiare)

PURWAKARTA ONLINE - Perusahaan asuransi memiliki fungsi sebagai pemberi layanan jasa terhadap masyarakat dalam mengatasi resiko yang akan terjadi di masa yang datang.

Akan tetapi perusahaan asuransi sendiri memiliki resiko sebagaimana perusahaan lainnya, yaitu adanya kemungkinan jatuh pailit.

Karena itu, dalam Asuransi di pandang perlu adanya suatu upaya untuk meminimalisasi resiko yang tidak pasti yaitu dengan cara melimpahkan kepada pihak lain atau yang telah di kenal dengan istilah Reasuransi.

Reasuransi di sini di maksudkan untuk memberikan suatu perlindungan pembayaran klaim terhadap nasabah yang di reasuransikan apabila terjadi kepailitan terhadap perusahaan asuransi,sehingga meskipun terjadi kepailitan akan tetapi perusahaan asuransi tetap dapat memenuhi klaim yang terjadi.

Dalam terjadinya kepailitan perusahaan asuransi diperlukan aturan hukum yang jelas dan sempurna yang mengatur tentang kepailitan asuransi, karena dalam Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan Dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang maupun Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian.

Mekanisme penyelesaian dari kepailitan asuransi tidak di atur secara tegas.

Hal ini mengakibatkan banyak penafsiran dalam penyelesaiannya.***

Editor: Enjang Sugianto

Sumber: Dari Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mentan bicara soal IMPOR BERAS!

Selasa, 6 Desember 2022 | 20:00 WIB

The Fed kendurkan suku bunga, Rupiah terus menguat!

Senin, 5 Desember 2022 | 11:00 WIB
X