Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Workshop Wirausaha Kopi Purwakarta 2021

Workshop Kopi Purwakarta 2021
Purwakarta Online - Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian kabupaten Purwakarta menyelenggarakan Workshop Wirausaha Kopi Purwakarta. Peserta terdiri dari petani kopi, para barista dan pelaku usaha kopi di Kabupaten Purwakarta.

Workshop Wirausaha Kopi Purwakarta diselenggarakan selama dua hari, Kamis dan Jum'at, tanggal 25-26 Nopember 2021 di Kafe Umam, Purwakarta.

Workshop Kopi Purwakarta di Cafe Umam
Usai penutupan Workshop, Kepala Bidang UKM Ahmad Nizar mengatakan Workshop Wirausaha Kopi Purwakarta bertujuan untuk meningkatkan komunikasi antar lini usaha, baik usaha tani kopi, cafe maupun pengolah.

"Untuk meningkatkan perkopian di (Kabupaten) Purwakarta. Terutama dari sisi pengetahuan dan wawasan. Kita semua kumpul di sini, petaninya ada, dari barista, yang usaha cafe," terang Nizar.



Dengan workshop, setiap sesi materi dipraktekkan langsung oleh peserta. Sehingga materi bisa lebih optimal terserap. Antara petani kopi dengan pelaku usaha di hilir perlu saling memahami. Ekosistem usaha diharapkan akan terus meningkat.

"Kita duduk bersama, sama-sama usaha di dunia kopi, saling memahami kebutuhan satu sama lain," tutur Nizar.

Setiap sesi materi dipraktikkan langsung oleh peserta Workshop Wirausaha Kopi Purwakarta
Workshop Wirausaha Kopi Purwakarta menghadirkan seorang ahli di dunia usaha kopi Indonesia, yaitu Faisal, atau lebih akrab dipanggil Pak Cik.

"Kita hadirkan Coach yang terbaik, Pak Cik Faisal, seorang expert di dunia kopi Indonesia," kata Nizar.

Meskipun saat ini kopi Purwakarta masih menargetkan serapan kopi di tingkat lokal, namun Ahmad Nizar berharap di masa yang akan datang kopi dari Purwakarta bisa menjadi kopi yang terbaik di Indonesia.

"Semoga kopi Purwakarta menjadi yang terbaik di Indonesia," pungkas Nizar.



Saepudin, Wulan, Taufik dan Enjang Sugianto, peserta workshop kopi Purwakarta dari unsur petani mengaku senang, karena dengan mempraktekkan langsung bagaimana cara 'mencium' dan meng-cupping kopi mereka menjadi lebih tertantang untuk memproduksi kopi yang lebih bagus lagi.

Peserta sangat bersemangat ketika praktik berlangsung, terutama saat menyeduh kopi, baik dengan teknik manual brew maupun menggunakan menggunakan mesin esspreso seperti membuat latte art. (*)

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Workshop Wirausaha Kopi Purwakarta 2021"