Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SSB Pusaka Muda Purwakarta Mulai Membangun Tim Sepakbola Putri


Purwakarta Online - SSB Pusaka Muda adalah Sekolah Sepak Bola yang bermarkas di Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta. Saat ini SSB Pusaka Muda memiliki lebih dari 50 member, dari berbagai kelas berdasarkan usia.

Dan kini SSB Pusaka Muda mulai menerima anak-anak dan remaja putri sebagai member. Meskipun kenyataannya di Indonesia, sepakbola tidak begitu populer di kalangan wanita, namun dengan visi yang jauh kedepan, SSB Pusaka Muda mulai membangun tim sepakbola putri.

SSB Pusaka Muda merasa bertanggung jawab untuk menyiapkan dan mengolah talenta terbaik untuk perkembangan sepakbola putri di masa depan, khususnya di Purwakarta dan di Indonesia pada umumnya.

Menurut Head Coach SSB Pusaka Muda, Andri Mustofa, setelah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) meresmikan sepakbola putri, SSB Pusaka Muda pun mulai mengikuti perkembangan tersebut.

"Alhamdulillah, karena PSSI telah diresmikan untuk (sepakbola) putrinya, maka SSB Pusaka Muda ada member putrinya juga," terang Coach Andri saat memimpin latihan siang tadi di Lapangan Sepakbola Cikubang, Desa Pusakamulya (Sabtu, 6/11/2021).

Coach Andri menerangkan, banyak member yang tidak hadir latihan siang tadi, dikarenakan bentrok dengan jadwal sekolah dan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di wilayah masing-masing member.

Member SSB Pusaka Muda tidak hanya dari Desa Pusakamulya, tetapi datang dari berbagai desa, kecamatan dan kabupaten sekitar. Member dari Kabupaten Subang datang berlatih menjelang siang, setelah pulang dari sekolah. Tentu berbeda dengan member dari kabupaten Purwakarta, yang menerapkan kebijakan 'libur sekolah' setiap hari Sabtu.

Jadwal Latihan SSB Pusaka Muda

Sementara ini, SSB Pusaka Muda berlatih secara reguler tiga kali dalam sepekan, yaitu hari Sabtu pagi, Minggu pagi dan Selasa siang. Namun jadwal latihan akan lebih intensif bagi para member yang dipersiapkan untuk menghadapi turnamen.

Kelas atau Kategori Usia

  1. Kategori Usia 8 Tahun
  2. Kategori Usia 10 Tahun
  3. Kategori Usia 8-9 Tahun
  4. Kategori Usia 12 Tahun
  5. Kategori Usia 13 Tahun
  6. Kategori Usia 16 Tahun
  7. Kategori Putri
Khusus untuk member putri, di SSB Pusaka saat ini tidak ada kelas khusus. Tidak dipisahkan dengan kategori umur, seperti halnya member tim putra.

"Untuk tim putri sementara ini tidak ada batasan. Jadi member putri disatukan," kata Coach Andri.

SSB Pusaka Muda membatasi pendaftar baru di usia 16 tahun. Karena pada usia 17 tahun, member sudah mulai masuk di tim utama.

"Maksimal (usia pendaftar baru) 17 tahun Itu sudah mentok. Kalau bisa (usia) 16 tahun, itu masih bisa berkembang di SSB. Kalau 17 tahun itu sudah masuk tim FC (Tim dewasa)," papar Coach Andri.
Baca juga: SSB Pusaka Muda dibanggakan masyarakat meskipun terbatasi oleh fasilitas

Juara 3 Turnamen Sepakbola di Karawang

Dalam setiap kesempatan, SSB Pusaka Muda selalu mengikuti turnamen sepakbola untuk anak-anak dan remaja. Dimaksudkan untuk meningkatkan jam terbang dan pengalaman peserta didiknya.

"Untuk turnamen, setiap ada undangan ada event, Insya Allah kami selalu partisipasi," kata Coach Andri.

Prestasi terbaru SSB Pusaka Muda adalah Juara ke-3 dalam sebuah turnamen sepakbola di Kabupaten Karawang. Sebelumnya, SSB Pusaka Muda juga menorehkan prestasi dalam turnamen sepakbola di wilayah Kabupaten Subang dan Kabupaten Purwakarta.

"Anak-anak, kemarin kita juga Alhamdulillah, kita dapat juara ke-3 untuk di kelas usia 12 tahun di (Kabupaten) Karawang," ucap Coach Andri.

Dalam waktu dekat SSB Pusaka Muda akan bertarung dalam sebuah turnamen yang digelar oleh Akademi Persib. Coach Andri mengaku dirinya sudah mendapatkan undangan resmi untuk turnamen tersebut. Sebuah kesempatan yang tidak akan disia-siakan.

"Untuk kedepannya, Insya Allah akan menghadapi undangan dari Akademi Persib dan yang lainnya juga," ujar Coach Andri.

Cara Daftar Menjadi Member SSB Pusaka Muda

Bagi yang ingin mengikuti sekolah sepak bola di SSB Pusaka Muda, bisa datang langsung ke Sekretariat atau menghubungi Iyep Mughni Muta'ali (Deip) di nomor whatsapp berikut 087778959597, atau menghubungi Head Coach, Andri Mustofa di 081808550849. (enjs)

Posting Komentar untuk "SSB Pusaka Muda Purwakarta Mulai Membangun Tim Sepakbola Putri"