Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Prakerja Gelombang 23 dibuka? Dapatkan Pelatihan 1 juta dan Insentif Rp 2,5 juta

www prakerja go id daftar,prakerja go id login,daftar kartu prakerja 22,dashboard prakerja 22,syarat daftar kartu prakerja,daftar kartu prakerja 2021,link daftar kartu prakerja,daftar kartu prakerja 2022,www.prakerja.go.id daftar,prakerja.go.id login,daftar kartu prakerja 22,dashboard prakerja 22,syarat daftar kartu prakerja,daftar kartu prakerja 2021,daftar kartu prakerja 2022,cara daftar prakerja gelombang 23 online,
Kartu Prakerja Gelombang 23
Purwakarta Online - Sebagaimana diketahui, Kartu Prakerja merupakan salah satu program favorit pemerintah untuk membantu masyarakat selama pandemi covid-19 ini.

Sehingga masyarakat menantikan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 kapan dibuka kembali untuk umum.

Apalagi penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan peningkatan keterampilan dengan saldo pelatihan hingga Rp 1 juta.

Selain itu, penerima juga akan mendapatkan bantuan uang tunai dalam bentuk insentif mencari kerja dan pengisian survei dengan total nilai mencapai Rp 2,55 juta.

Lantas, kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 ini akan dibuka? Simak penjelasan pemerintah berikut ini.

Jadwal pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 direncakan akan dimulai pada tahun 2022 karena gelombang sebelumnya merupakan penutup program ini di tahun 2021.

"Gelombang 22 ini juga menjadi penutup rangkaian penerimaan di program Kartu Prakerja," Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian RI Airlangga Hartanto menjelaskan bahwa tahun depan rencananya bakal ada Kartu Prakerja lagi.

"Ini gelombangnya sudah ke-21, jadi tahun depan juga akan ada Kartu Prakerja," kata Airlangga saat berdialog dengan penerima Prakerja di Yogyakarta, 8 Oktober 2021.

Selain itu, untuk tahun depan sistem Kartu Prakerja rencananya masih sama hingga enam bulan pertama sembari menyesuaikan situasi pandemi covid-19.

"Nanti enam bulan kedua kita lihat bagaimana situasi pandemi Covid-19," tambah Menko Airlangga.

Lantas bagaimana cara agar lolos Kartu Prakerja Gelombang 23 dan berhak dapat insentif Rp2,55 juta?

Cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 23 jika masih sama dengan tahun ini, maka sangat mudah.

Pendaftar cukup login di dashboard www.prakerja.go.id menggunakan akun yang dimiliki. Setelah itu, isi data diri dengan lengkap, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar, lalu gabung ke gelombang yang dibuka.

Berikut syarat atau kriteria orang yang bisa dapat Kartu Prakerja Gelombang 23 dan berhak dapat insentif Rp 2,5 juta:

1. WNI

2. Berusia 18 tahun ke atas

3. Tidak sedang sekolah atau kuliah

4. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

5. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19, seperti:
  • Bantuan Subsidi Upah (BSU)
  • Bantuan Sosial dari Kementerian Sosial (Bansos Kemensos)
  • Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)

6. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

Itulah jadwal Kartu Prakerja Gelombang 23 kapan dibuka dan cara daftar di www.prakerja.go.id agar dapat insentif Rp 2,5 juta.

Apa itu Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. 

Kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Program ini didesain sebagai sebuah produk dan dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.

Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi. Hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh dan relevan. 

Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat dengan semangat gotong royong demi SDM unggul, Indonesia maju.

Kartu Prakerja Untuk Siapa?

Singkatnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar.

Siapa Yang Tidak Boleh Daftar Kartu Prakerja?

Namun, Kartu Prakerja tidak dapat diberikan kepada:
  1. Pejabat Negara
  2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  3. Aparatur Sipil Negara
  4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  6. Kepala Desa dan perangkat desa
  7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah

Kartu Prakerja di Masa Pandemi Covid-19

Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya. (*)

Sumber: Berita DIY/Prakerja.go.id
search keyword: www prakerja go id daftar,prakerja go id login,daftar kartu prakerja 22,dashboard prakerja 22,syarat daftar kartu prakerja,daftar kartu prakerja 2021,link daftar kartu prakerja,daftar kartu prakerja 2022,www.prakerja.go.id daftar,prakerja.go.id login,daftar kartu prakerja 22,dashboard prakerja 22,syarat daftar kartu prakerja,daftar kartu prakerja 2021,daftar kartu prakerja 2022,cara daftar prakerja gelombang 23 online,

Posting Komentar untuk "Kapan Prakerja Gelombang 23 dibuka? Dapatkan Pelatihan 1 juta dan Insentif Rp 2,5 juta"