Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemendagri Sebut Pilkades Purwakarta Terbaik

Pilkades Purwakarta,Pilkades Purwakarta 2021,Pilkades 2021,Purwakarta,purwakarta online,Kemendagri Purwakarta Pilkades terbaik,pelantikan kades Purwakarta,daftar peserta kades perempuan,
Pelantikan kepala desa di Purwakarta (18/10/2021). (Foto: bicarajabar)

Purwakarta Online - Pilkades serentak di Purwakarta telah selesai digelar, bahkan Kepala Desa terpilih sudah selesai dilantik pada, Senin (19/10/2021), Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan Pilkades serentak di Purwakarta mendapatkan apresiasi terbaik dari Kemendagri.

"Kami dapat apresiasi dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri karena pelaksanaan Pilkades di Purwakarta termasuk yang paling baik dari segi kondusifitas dan penerapan protokol kesehatan nya," ujar Anne ketika diwawancara di Kantor Bupati Purwakarta, Selasa (19/10/2021).

Ia mengungkap, akan mengagendakan pendidikan dan pelatihan khusus untuk para kepala desa yang baru menjabat.

"Untuk meningkatkan kapasitas SDM mereka kita akan segera mengagendakan Diklat, mereka sudah bisa mulai bekerja, karena di triwulan Oktober ini dana desa sudah bisa cair," kata dia.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo mengatakan proses pilkades berjalan sesuai harapan meski sempat mengalami pengunduran.

"Proses dari awal itu sekitar 8 bulan lah kurang lebih, karena pengundurannya 2 bulan, karena mempertimbangkan kebijakan di masa pandemi COVID-19," ujar Jaya.

Lebih lanjut dikatakan Jaya, bahkan persentasi partisipatif masyarakat dalam pemungutan suara juga meningkat dibanding tahun sebelumnya.

"Persentase juga meningkat, dulu 73 persen, sekarang 82,06 persen, peningkatan ini cukup signifikan dan cukup baik," ucapnya.

32 Kades Perempuan Berhasil Terpilih

Kepala desa terpilih hasil pilkades serentak di Purwakarta pada Sabtu (16/10/2021) telah dilantik pada Senin (18/10/2021). Dari 573 peserta yang bersaing untuk menduduki 170 kursi kepala desa, 32 di antaranya perempuan.

Dari 32 orang total peserta perempuan, 10 di antaranya terpilih menjadi kepala desa. Salah satu kepala desa terpilih itu adalah istri Wakil Bupati Purwakarta Aming.

Entin, istri Wakil Bupati Purwakarta, terpilih menjadi Kepala Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, dengan raihan suara cukup telak, yakni lebih dari 2.000 suara yang berhasil mengalahkan dua orang calon lain.

Entin, istri Wakil Bupati Purwakarta, adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purwakarta. Biasanya, seorang yang menduduki jabatan tersebut memilih karier politik di jenjang lebih tinggi.

Para istri kepala daerah yang biasanya menjabat ketua TP-PKK mencalonkan diri sebagai anggota legislatif baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Mengenai hal tersebut, Aming dan Entin enggan berkomentar. Bahkan, seusai pelantikan, keduanya langsung pulang, tak ikut sesi ramah tamah.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo, membenarkan, istri Wakil Bupati Purwakarta terpilih sebagai kepala desa.

"Total peserta itu ada 573 calon, dari 573 itu 32 peserta merupakan peserta perempuan," kata Jaya.

Jaya mengungkap total kepesertaan perempuan mencapai 5,5 persen, dari jumlah peserta 573 orang.

"Dari 32 peserta perempuan, ada 10 orang yang terpilih, kira-kira 30 persen dari total kepesertaan perempuan itu terpilih, termasuk Kepala Desa Tajursindang (istri Wakil Bupati)," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
https://jabar.tribunnews.com/2021/10/19/pilkades-di-purwakarta-dinilai-terbaik-bupati-gelar-diklat-untuk-kades-sebab-dana-desa-segera-turun

Posting Komentar untuk "Kemendagri Sebut Pilkades Purwakarta Terbaik"