Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karya Desain Grafis Beddy Sukses Tingkatkan Kepercayaan Diri Pelaku UMKM di Purwakarta

Ahmad Bedi Zubaedi
Purwakarta Online - Ahmad Bedi Zubaedi atau biasa disapa Beddy, bergelut di bidang desain grafis sejak 5 tahun lalu, saat dirinya menuntut ilmu di Pondok Pesantren Al-Islam Darul Iman, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta. 

Ponpes Al-Islam Darul Iman mengikuti program One Pesantren One Product, pesantren Darul Iman memilih untuk mengembangkan usaha sablon, yang kemudian lebih berkembang lagi menjadi usaha percetakan.

Dengan membantu usaha pesantren, hobi Beddy dibidang desain menjadi lebih terasah karena setiap produk percetakan memerlukan desain di tahap awal. 

"Sebelum cetak, desain adalah tahap paling penting dalam proses ini," kata Beddy kepada Purwakarta Online (Selasa, 7/9/2021).

Beddy mengakui, sejak SMP dirinya sudah mulai tertarik dalam dunia desain, namun saat itu baru sebatas hobi saja. Beddy pun getol mewakili pesantren mengikuti perlombaan kaligrafi, ia berhasil menjadi juara kedua dalam perlombaan kaligrafi tingkat Kabupaten Purwakarta.

Beddy Membantu Perkembangan UMKM di Purwakarta

Setelah menikah pada tahun 2010, Beddy tinggal di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, lalu membuka usaha jasa desain grafis sendiri di kediamannya.

Meskipun sudah melayani banyak pekerjaan dalam jasa desain dan percetakan dari perusahaan maupun perorangan, namun yang paling fenomenal adalah kiprahnya dalam membantu UMKM di Purwakarta, khususnya di Kecamatan Kiarapedes dan sekitarnya.

Beberapa contoh produk UMKM yang berhasil eksis diantaranya adalah:
  • Teh Hijau Zaenx Makmur: Desain kemasan, desain logo, desain kaos, daesain seragam, desain banner, desain sticker dan desain lainnya.
  • Snack Barber, produk olahan hasil pertanian di KWT Barmulita: Logo, Sticker Kemasan.
  • Kopi Barong Motekar: Desain sticker, Desain kemasan, Desain logo, Desain Banner.
  • Kopi Sunda Purwa: Desain sticker, Desain kemasan, Desain logo, Desain Banner.
  • Kopi Mang Enjang: Desain sticker kemasan, Desain Logo.
  • KSJ Fried Chicken: Desain kemasan, desain logo, desain kaos, daesain seragam, desain banner, desain sticker dan desain lainnya.
  • Kafe Ujung Aspal: Seragam sticker, tiket, brosur, spanduk, banner, kemasan, logo.
  • Wisata Pasir Langlang Panyawangan: Kaos, seragam, banner.

Beddy juga membantu membuatkan desain untuk keperluan beberapa lembaga dan komunitas, diantaranya:
  • LMDH Giri Pusaka: Kaos, seragam.
  • KTH Pusaka Tani: Kaos, seragam, logo.
  • Yayasan/Pondok: Logo
  • Komunitas Aerobik: Kaos
  • Panitia Pilkades: Seragam
  • Sekolah TK: Seragam, topi dan rompi.
Berdasarkan penuturan Saepudin, owner Kopi Sunda Purwa, kiprah beddy dalam dunia desain grafis telah meningkatkan kepercayaan diri pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta. Sehingga kemudian meningkatkan daya saing pelaku usaha di desa-desa.

"Produk petani kita di kampung tidak kalah dengan di kota, yang di kota juga bahannya dari kampung. Tapi setelah dibuatkan desain kemasan dan segalanya, pernak-perniknya oleh Kang Beddy, kita jadi lebih percaya diri. Dan produk kita tidak lagi pandang sebelah mata, karena selain kualitas penampilannya pun sudah modern," ungkap Saepudin.

Berikut adalah beberapa contoh desain karya Beddy yang kita temukan di facebook pribadinya:




















Kontak dan Alamat Beddy

Cara menghubungi Beddy, paling praktis melalui telepon / whatsapp di nomor 083816748676. Jika ingin bertemu bisa datang ke rumahnya di Dusun Legokbarong RT. 012 RW 005, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta. (enjs)

Posting Komentar untuk "Karya Desain Grafis Beddy Sukses Tingkatkan Kepercayaan Diri Pelaku UMKM di Purwakarta"