Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viral Hoax Video Helikopter Kibarkan Bendera China Disanggah TNI AU

Screenshot Video Hoax Helikopter Kibarkan Bendera China

Purwakarta Online - Di media sosial ramai video dengan narasi penegak hukum di Indonesia membiarkan helikopter berkeliling sembari mengibarkan bendera China. Unggahan video tersebut dibagikan oleh sejumlah akun Facebook, salah satunya akun berinisial A pada Senin (2/8/2021).

"Kemana dan dimana para penegak hukum di indonesia,menhan juga, kenapa ini di biarkan berkeliling di atas bumi negara indonesia, helikopter dengan mengibarkan bendera cina. Kenapa aparat pemerintah cuma ganas dan berani sama rakyatnya sendiri," tulis pemilik akun.

Hingga Kamis (5/8/2021) siang, unggahan video tersebut telah disukai 55 kali, dikomentari 140 kali, dan dibagikan 8.400 kali. Dalam video yang beredar, perekam juga meluapkan kegusarannya setelah melihat bendera yang diklaimnya sebagai bendera China itu ditarik menggunakan helikopter.

"Ini maksudnya apa nih, ada bendera China nih dibawa, ditarik sama helikopter," ujar perekam.

Dalam Aplikasi Video SV secara vulgar disebutkan dalam video, "Ada Bendera Komunis, Ada Bendera Komunis!". Dalam Youtube pun telah beredar namun telah diedit dan ditambah narasi karena telah diketahui bahwa 'video pengibaran bendera komunis tidak dibiarkan aparat' yang beredar tersebut adalah hoax.


Penjelasan TNI AU Mengenai Helikopter Kibarkan Bendera China

Video yang sama juga diunggah oleh akun Facebook berinisial AK pada Rabu (4/8/2021). Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menegaskan bahwa narasi helikopter dibiarkan berkeliling mengibarkan bendera China adalah tidak benar.

"Iya, hoaks parah banget," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/8/2021).

Ia menjelaskan, helikopter itu bukan membawa bendera China, melainkan membawa bendera yang mencantumkan lambang-lambang kesatuan TNI dengan latar kain berwarna merah.

Lambang-lambang kesatuan TNI yang tercantum pada bendera berukuran raksasa tersebut, yakni dari Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Lebih lanjut, Indan menyampaikan, pengibaran bendera raksasa berlambang empat kesatuan TNI itu dalam rangka latihan menuju puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

"Sejak Senin, 2 Agustus 2021, sejumlah helikopter TNI AU telah melaksanakan latihan terbang di Lanud Atang Sendjaja, Bogor. Latihan ini akan berlangsung selama 5 hari ke depan," ujar dia.

Adapun helikopter yang akan turut dalam kegiatan ini adalah pesawat NAS-332 Super Skadron Udara 6 dan EC-725 Caracal Skadron Udara 8. Pada puncak peringatan HUT ke-76 RI 17 Agustus 2021, lanjut dia, TNI AU akan mengibarkan bendera Merah Putih berkuran rakasa.

"Akan mengibarkan bendera Merah-Putih berukuran raksasa (20x30 meter) menggunakan pesawat helikopter di atas langit Jakarta," ujarnya.

Hati-hati Dengan Hoax

Atas beredarnya informasi palsu ini, Indan mengimbau kepada masyarakat agar terlebih dahulu memastikan kebenarannya sebelum mengunggahnya di media sosial.

Pasalnya, pada Selasa (3/8/2021), pihak TNI AU telah menyampaikan informasi tersebut melalui laman Instagram resmi @militer.udara.

"Kepada masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial, check and re-check kebenarannnya sebelum memposting di media sosial, dua hari yang lalu kami sudah posting info ini," tandasnya.

Lihat postingan ini di Instagram,  Sebuah kiriman dibagikan oleh TNI AU (@militer.udara)


Posting Komentar untuk "Viral Hoax Video Helikopter Kibarkan Bendera China Disanggah TNI AU"