Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rhoma Irama Catat Jumlah Penduduk Indonesia Lewat Lagunya


Purwakarta Online - Seorang Kakek dengan 6 cucu, bercengkrama dengan dua orang pemuda di sebuah kampung di Purwakarta. Nama Kakek tersebut adalah Ahmadi.

Obrolan tentang Covid-19 yang ternyata di setiap jaman wabah atau penyakit dengan nama berbeda senantiasa muncul menggemparkan dunia.

"Dahulu juga ada (wabah) disebut korela (kolera - red)," kata Ahmadi, Sabtu (7/8/2021).

Ucapan Kakek Ahmadi selaras dengan apa yang ditulis Tempo (20/6/2021), 'Selain Diserang Covid, Indonesia Pernah Dikurung Wabah Kolera Pada 1970-an'.

"Sama, dulu juga se-Indonesia gempar, banyak korban, padahal jumlah penduduk belum sebanyak sekarang. Penduduk Indonesia masih 100 jutaan waktu itu," lanjut Ahmadi.

Apa yang dikatakan Ahmadi sedikit membuat kaget dua pemuda, "Abah tahu darimana, jumlah penduduk (Indonesia) 100 juta?" tanya seorang pemuda itu, mewakili keheranan pemuda lainnya.

"Kan, judul lagu Oma (Rhoma Irama) waktu itu 135 juta," terang Ahmadi. Satu jawaban yang tidak memuaskan dua pemuda disampingnya.

Dengan smartphone ditangannya satu pemuda membuka aplikasi Youtube. Ia ketik 'lagu Rhoma 135 juta' di kolom pencarian Youtube. Alhasil, munculah beberapa video yang sama-sama berjudul 'Soneta vol.6 - 135.000.000'.

Kemudian pemuda itu perlihatkan hasil pencarian Youtube tersebut ke Kakek Ahmadi seraya berkata, "Ini ada,".

Kakek Ahmadi mengerutkan dahi, seakan berusaha mengenali apa yang sedang ia lihat. Tapi tidak ada komentar apapun dari mulutnya.

Lantas pemuda tersebut memutar lagu tersebut dengan volume suara diperkencang. Lagu OM Soneta yang berjudul 135.000.000.


Baru berjalan beberapa detik, masih dalam intro lagu Kakek Ahmadi berseru, "Iya itu!". Rupanya Kakek Ahmadi masih mengenali musik tersebut yang menurutnya sangat khas.

Dalam Wikipedia tertulis bahwa 'Soneta vol. 6' adalah sebuah album dangdut Indonesia ke-6 milik grup musik Soneta yang mengunggulkan lagu 135.000.000 menjadi hits-nya. Dan dirilis pada tahun 1976.

Satu pemuda menyimpulkan, dari apa yang ia baca di Wikipedia mengenai rilis lagu 135 juta tahun 1976, kemudian tulisan Tempo mengenai wabah kolera di Indonesia tahun 1970-an dan perkataan Kakek Ahmadi. Semuanya selaras dan berkaitan.

"Tadi kata Abah, Indonesia pernah wabah kolera saat penduduk Indonesia 100 jutaan. Lalu kata Media Tempo memang 1970-an benar tercatat ada wabah kolera. Terakhir lagu Rhoma berjudul 135 juta memang dirilis 1976, masih (tahun) 70-an. Jadi pas!" Seru seorang pemuda.

Bak sebuah prasasti, lagu 135 juta menjadi monumen yang senantiasa mengingatkan pendengar tentang apapun yang terjadi di masa itu.

Kehebatan Raden Haji Oma Irama atau biasa ditulis R.H. Oma Irama dan kita lebih mengenalnya saat ini dengan nama Rhoma Irama dalam menulis lagu sangatlah brilian, penuh makna. Pantaslah Beliau menjadi legenda musisi di Indonesia bahkan dunia.

Lirik Lagu 135.000.000 atau 135 juta

Seratus tiga puluh lima juta
Penduduk Indonesia
Terdiri dari banyak suku bangsa
Itulah Indonesia

Ada Sunda, ada Jawa
Aceh, Padang, Batak
Dan banyak lagi yang lainnya

Seratus tiga puluh lima juta
Penduduk Indonesia
Terdiri dari banyak suku bangsa
Itulah Indonesia

Janganlah saling menghina
Satu suku bangsa dengan lainnya
Karena kita satu bangsa
Dan satu bahasa Indonesia

Bhineka Tunggal Ika
Lambang negara kita Indonesia
Walaupun bermacam-macam aliran
Tetapi satu tujuan

Seratus tiga puluh lima juta
Penduduk Indonesia
Terdiri dari banyak suku bangsa
Itulah Indonesia

Betawinya, Makasarnya
Bugis, Ambon, Dayak
Dan banyak lagi yang lainnya

Seratus tiga puluh lima juta
Penduduk Indonesia
Terdiri dari banyak suku bangsa
Itulah Indonesia


Album Soneta Volume 6

Uniknya lagu 135 juta ini adalah berubah seiring bertambahnya jumlah penduduk Indonesia. Sebagaimana ditulis di Wikipedia.

"Lagu 135.000.000 adalah satu satunya lagu di Indonesia yang judulnya berubah ubah setiap tahun, antara lain: 165.000.000 pada pertunjukan Indonesia Musik Festival di Istora Senayan, 185.000.000 pada pertunjukan Semarak Dangdut di Ancol dan belakangan menjadi 200.000.000," tulis Wikipedia.

Masih dalam Album Soneta Volume 6, Hits '135 juta' yang diciptakan Rhoma Irama ini meraih penghargaan dari Radio Puspen Hankam ABRI sebagai 'Lagu Favorit Pilihan Pemirsa'.

Masih dalam penghargaan dari Radio yang sama, Rhoma Irama dan Rita Sugiarto saat itu meraih penghargaan sebagai :Penyanyi Kesayangan Pemirsa'. (enjs)

Referensi: Tempo, Wikipedia, Musixmatch, YouTube

Posting Komentar untuk "Rhoma Irama Catat Jumlah Penduduk Indonesia Lewat Lagunya"