Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Purwakarta Gelar Donor Plasma Konvalesen Perdana untuk Bantu Pasien Covid-19


Purwakarta Online - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dengan didampingi Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, dan Dirut RSUD Bayu Asih meninjau kegiatan donor plasma konvalesen yang perdana digelar di Purwakarta. Kegiatan donor plasma konvalesen tersebut diselenggarakan di UDD PMI Purwakarta, Sabtu 14 Agustus 2021.

Adapun plasma konvalesen nantinya diperuntukkan dalam terapi penyembuhan pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat.

"Hari ini Sabtu 14 Agustus 2021, saya berada di UDD PMI Kabupaten Purwakarta untuk melihat warga Purwakarta pertama yang mendonorkan darahnya untuk diambil menjadi plasma konvalesen. Ini adalah pendonor pertama," ujar Ambu Anne.

Ia berharap bagi warga Purwakarta yang sudah pernah terpapar Covid-19 dengan gejala sedang sampai berat untuk bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen. 

"Tolong infokan ke PMI dan mudah-mudahan berkenan untuk mendonorkan darahnya menjadi pendonor plasma konvalesen," kata Ambu Anne.

Ia juga menjelaskan plasma konvalesen dibutuhkan saudara-saudara kita yang saat ini sedang untuk sembuh dari Covid-19. 

"Ada pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat yang perlu dibantu dengan donor plasma konvalesen ini untuk penyembuhan," ujar Ambu Anne.

Diketahui, dalam kegiatan donor plasma konvalesen yang perdana ini ada dua orang pendonor. Dari satu orang bisa mendonorkan hingga dua labu darah. Adapun rentang usia pendonor adalah usia 15 hingga 60 tahun. 

"Diharapkan ini akan menjadi motivasi bagi yang lain, karena plasma konvalesen ini sangat dibutuhkan untuk penyembuhan pasien Covid-19 yang bergejala sedang hingga berat," kata Ambu Anne.

Menurutnya, hal ini merupakan bentuk ikhtiar untuk terus membantu masyarakat Kabupaten Purwakarta yang berada di keadaan tertentu seperti halnya penanganan Covid-19 di Purwakarta.

"Semoga ikhtiar ini akan membantu masyarakat yang sangat membutuhkan dalam keadaan tertentu, terutama yang sedang melaksanakan perawatan di rumah sakit dengan kondisi positif Covid 19," ujarnya seraya mengatakan pihaknya akan terus berupaya supaya bisa melakukan pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta.

Sementara, Ketua PMI Purwakarta, Lalam Martakusumah membenarkan bahwa untuk donor plasma konvalesen merupakan kali pertama pelaksanaan uji coba di Unit Donor Darah PMI Purwakarta. 

"Tadi sudah ada beberapa pendonor darah plasma konvalesen, donornya berjalan lancar dan berhasil," kata Lalam.

Menurutnya, segala upaya akan ditempuh PMI Purwakarta untuk membantu penanganan dan penyembuhan bagi para pasien Covid-19, salah satunya dengan plasma konvalesen. Bahkan tadi ada golongan darah yang cukup sulit didapatkan, yaitu golongan darah A+. Namun, berkat gelaran donor tadi, ada pendonor golongan darah A+ ikut mendonorkan plasma konvalesen.

"Kami berharap dengan melakukan tranfusi plasma konvalesen para pasien yang terpapar covid19 bisa disembuhkan. Dan yang terpenting, semoga pandemi covid19 ini segera berlalu, agar kita bisa kembali berkegiatan normal seperti sebelum adanya pandemi covid19," papar Lalam. (*)

Sumber: Tinta Hijau

Posting Komentar untuk "Purwakarta Gelar Donor Plasma Konvalesen Perdana untuk Bantu Pasien Covid-19"