Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lawan Penyebaran Covid-19, Purwakarta Gratiskan PCR

Ilustrasi Tes PCR
Purwakarta Online - Harga tes polymerase chain reaction atau PCR yang mahal jadi kendala warga untuk melakukan pemeriksaan dengan metode itu.

Namun, Warga Kabupaten Purwakarta Jawa Barat kini bisa bernapas lega setelah pemkab kini menggratiskan tes PCR tersebut.

Hasil tes PCR dari sampel yang dianalisis di laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) Purwakarta keluar dalam waktu sekitar 4-5 jam.

Saat ini, Labkesda Purwakarta yang berlokasi di Jalan RE Martadinata itu kini memiliki alat tes PCR untuk mempercepat tracing Covid-19 di daerah tersebut.

Sehingga, untuk memeriksa sample lendir hidung atau tenggorakan tidak perlu lagi dibawa ke Labkesda Jabar di Kota Bandung.

"Hasilnya pun jadi lebih cepat. Selain itu tes PCR di Labkesda Purwakarta juga gratis. Semua biaya ditangging APBD," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Jumat (20/8/2021).

Anne menyatakan, tes PCR gratis ini dilakukan karena Pemkab Purwakarta menarget sebanyak 2.004 sampel spesimen akan diambil untuk untuk mendukung tracing di puskesmas.

Dengan tracing semakin massif, kasus Covid-19 bisa diketahui dan cepat tertangani.

Karena itu, ujar Anne, masyarakat diimbau yang merasa ada gejala Covid-19 segera tes PCR di Labkesda Purwakarta.

"Tes PCR gratis di labkesda ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Purwakarta," ujar Anne.

Sementara itu, data dari Satgas Covid-19 Purwakarta menunjukkan, kasus positif Covid-19 di Purwakarta dalam sepekan terakhir, terus menurun. (*)

Sumber: iNews Jabar

Posting Komentar untuk "Lawan Penyebaran Covid-19, Purwakarta Gratiskan PCR"