Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formasi Terbaru Persib Bandung Setelah Masuknya Pemain Palestina

Purwakarta Online - Bocoran formasi Persib Bandung ala Robert Rene Alberts untuk arungi Liga 1. Ezra Walian, Marc Klok dan Mohammed Bassim Rashid, hingga Geoffrey Castillion jadi tumpuan.

Kompetisi Liga 1 2021 rencananya akan bergulir pada 27 Agustus mendatang. Kendati demikian, sejumlah kesebelasan dihadapkan dengan situasi sulit karena minimnya masa persiapan.

Persib Bandung, adalah salah satu kontestan Liga 1 2021 yang juga dihadapkan pada situasi sulit tersebut. Beberapa formasi yang bertumpu pada Ezra Walian dan Marc Klok ada di artikel ini.

Seperti diketahui, dalam sebulan terakhir, klub berjulukan Maung Bandung itu tidak bisa menggelar latihan tim karena tidak mendapatkan izin penggunaan Stadion GBLA untuk berlatih selama masa PPKM Darurat.

Situasi tersebut tidak hanya membuat persiapan Persib serba minim dalam menatap kompetisi musim ini. Tim juga sulit menentukan komposisi baku yang akan diandalkan sebagai starting eleven dalam kompetisi.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengatakan, belum bisa menentukan skuad inti Persib di Liga 1 2021. Pasalnya, sebagian pemain yang diproyeksi masuk dalam skuad inti belum berada di Bandung.

"Kami tidak tahu kapan para pemain ini kembali, beberapa pemain belum kembali ke Bandung saat ini dan mereka masih dalam perjalanan dalam negeri," tutur Alberts.

"Beberapa pemain asing juga masih di luar negeri dan kini dalam upaya untuk kembali ke Indonesia," sambung dia.

Meski begitu, gambaran soal siapa saja pemain yang akan menempati posisi inti di skuad Persib sudah dikantonginya.

Beberapa pemain seperti Marc Anthony Klok, Mohammed Bassim Rashid, hingga Geoffrey Castillion hampir dipastikan masuk dalam gambaran starting eleven Persib.

Ketiga pemain tersebut, saat ini belum tiba di Bandung. Klok, sedang menjalani karantina mandiri di Jakarta.

Sementara Bassim Rashid masih dalam perjalanan menuju Indonesia. Adapun Castillion, sedang menunggu jadwal vaksinasi kedua sebelum terbang ke Indonesia.

Meski begitu, Alberts meyakini, ketiga pemain tersebut dalam kondisi yang bugar. Sebab, selama berada di negara asalnya Klok, Rashid, dan Castillion tetap berlatih secara intensif.

"Saya mengharapkan semua bisa memulai laga dari awal seperti Klok, Rashid atau mungkin Geoffrey karena dia akan tiba menyusul yang lain," ujar Alberts.

"Tetapi mereka kemungkinan akan dimainkan sejak awal karena mereka bugar, bahkan ketika dirumahkan juga mereka tetap berlatih. Rashid berlatih tiga kali sehari di Chicago, Klok berlatih di lingkungan rumahnya, jadi mereka bugar," tegas dia.

Formasi 4-4-2 dengan Alternatif 3-4-3

Pelatih berpaspor Belanda ini memang kental dengan formasi 4-4-2. Skema ini selalu digunakan Robert Alberts saat timnya menjalani Turnamen Piala Menpora 2021.

Hasilnya cukup memuaskan. Persib mampu melaju ke partai final dengan status tim tak terkalahkan. Tetapi, Persib takluk dari Persija Jakarta di partai puncak dengan agregat 4-1.

Tak hanya skema 4-4-2, Robert juga menyiapkan alternatif lain. Dia sempat mencoba menerapkan formasi 3-4-3 dalam beberapa uji coba.

Jika menggunakan formasi 4-4-2, lini belakang dipastikan menjadi milik Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ardi Idrus dan Supardi. Komposisi ini sudah teruji dalam beberapa pertandingan di Piala Menpora.

Selanjutnya di lini tengah, kemungkinan mengalami perubahan karena kehadiran Marc Klok dan Mohammed Rashid. Kedua pemain ini akan menjadi sosok sentral di lini tengah Maung Bandung.

Marc Klok dan Mohammed Rashid memang memiliki karakter yang sama sebagai gelandang bertahan. Tapi, di sisi lain kedua pemain ini memiliki keunggulan dalam set up menyerang.

Sektor sayap sudah dipastikan dihuni dua pemain lokal yakni Febri Hariyadi dan Frets Butuan. Kecepatan dan kelincahan keduanya menjadi andalan tim ketika mendobrak pertahanan tim lawan.

Kemudian, untuk lini depan duet bomber asing Geoffrey Castillion dan Wander Luiz akan kembali dipercaya. Duet keduanya merupakan senjata tajam Persib musim lalu.

Robert Alberts bisa saja menggunakan tiga pemain di lini belakang dengan skema 3-4-3. Bagi pemain Persib memang baru, tapi ini sudah menjadi trend klub-klub Eropa dalam beberapa tahun terakhir ini.

Tiga pemain di lini belakang Persib, Robert mempercayakan kepada Victor Igbonefo, Nick Kuipers dan Achmad Jufriyanto. Ini terlihat dalam beberapa uji coba terakhir Persib.

"Ya bisa dikatakan kami bermain dengan formasi 3-4-3, jika ditambah dengan Made di belakang menjadi 1-3-4-3," ujar Robert usai pertandingan Persib melawan Karawang United dalam laga uji coba, awal Juni lalu.

Posisi wing back diisi Supardi Nasir dan Ardi Idrus. Posisi ini paling menonjol karena punya peran sangat penting. Selain membantu penyerangan, wing back juga harus kuat dalam bertahan.

Sektor gelandang Robert mempunyai banyak pilihan, bisa menurunkan duet Marc Klok dan Mohammed Rashid atau Dedi Kusnandar dan Beckham Putra Nugraha.

Selanjutnya di lini depan, Persib memiliki sederet nama. Sebut saja Ezra Walian, Febri Hariyadi, Frets Butuan, Esteban Vizcarra, Geoffrey Castillion dan Wander Luiz.

Formasi 4-4-2

Kiper: Teja Paku Alam
Belakang: Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ardi Idrus dan Supardi Nasir
Tengah: Marc Klok, Mohammed Rashid, Febri Hariyadi dan Frets Butuan
Depan: Geoffrey Castillion dan Wander Luis

Formasi 3-4-3

Kiper: I Made Wirawan
Belakang: Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto
Tengah: Ardi Idrus, Supardi Nasir, Marc Klok, Mohammed Rashid
Depan: Ezra Walian, Esteban Vizcarra dan Wander Luiz

Cadangan:

Kiper: Muhammad Natshir dan Aqil Savik
Bek: Bayu Fiqri, Kakang Rudianto, Mario Jardel, Henhen Herdiana dan Zalnando
Tengah: Gian Zola, Beckham Putra Nugraha, Abdul Aziz, Dedi Kusnandar, Syafril Lestaluhu, Erwin Ramdani dan Saiful
Depan: Ravil Shandyka Putra

Sumber: Tribunnews

Posting Komentar untuk "Formasi Terbaru Persib Bandung Setelah Masuknya Pemain Palestina"