Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beda Rapid Test dan Swab Test

Ilustrasi tes Covid-19
Purwakarta Online - Apa bedanya Rapid test dan Swab test? Perbedaan kedua jenis pemeriksaan tes Covid-19 ini terletak pada sampel, prosedur penanganannya, dan lama waktu tesnya. 

Jika Rapid test pemeriksaannya melalui sampel darah. Sedangkan swab PCR test menggunakan lendir dari dalam hidung dan tenggorokan. Metode yang dilakukannya menggunakan Swab atau usap untuk mendeteksi keberadaan virus Corona.

Lalu pemeriksaan Rapid test hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10-15 menit. Sedangkan Swab test membutuhkan beberapa hari untuk melihat hasil pemeriksaannya. 

Hasil pemeriksaan Rapid test tidak dapat digunakan untuk mendiagnosis Covid-19 karena hanya untuk skrining peemriksaan lanjutan yaitu Swab. Lain halnya pemeriksaan Swab PCR test hasilnya lebih akurat untuk mendeteksi keberadaan virus Corona.

Proses PCR Deteksi Covid-19

Seperti kita ketahui, PCR digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19 dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

Material genetik virus Corona penyebab COVID-19 ini merupakan jenis virus RNA. Keberadaan RNA ini akan dideteksi oleh PCR melalui teknik amplifikasi atau perbanyakan. (*)

Posting Komentar untuk "Beda Rapid Test dan Swab Test"