Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santri Al-Muhajirin Purwakarta Peringati HUT Pramuka ke-60

Purwakarta Online - Para santri Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3, Citapen, Sukatani, Kabupaten Purwakarta, menggelar upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Pramuka, sekaligus mengadakan kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami).

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3, KH Anang Nasihin mengatakan, pada HUT Pramuka kali ini para santri diharapkan dapat mengambil pelajaran dari dua pedoman dasar Pramuka, yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma.

“Pertama, menanamkan ketakwaan dan kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya dengan keistiqamahan beribadah. Kedua, Menjaga kebersamaan atau persatuan dan kesatuan dalam rangka menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Kiai Anang lewat pesan digital kepada NU Online, Sabtu (14/8).

Ketiga, lanjut dia, menanamkan kesadaran sosial dan kemasyarakatan. Karena, dengan keteladan dan kesalehan sosial, santri dapat berperan sebagai agen perubahan di lingkungan sosial.

“Kemudian pelajaran keempat, untuk melatih mental dan ketahanan jiwa para santri agar siap hidup mandiri di mana pun mereka berkarya,” sambung menantu dari KH Abun Bunyamin itu.

Senada, Pembina Pramuka Pesantren Al Muhajirin 3, Ustadz Asep Wahyudin menilai, kegiatan kepramukaan dianggap menjadi penting karena dapat meningkatkan sisi kreatifitas, kedisiplinan, dan kemandirian dalam diri para santri.

“Pramuka merupakan bagian dari kegiatan pesantren untuk membentuk generasi tangguh, disiplin, kreatif, berakhlak mulia, dan pribadi yang bersahaja,” ungkapnya.

Dia juga berharap di HUT ke-60 Pramuka ini dapat melahirkan generasi muda yang mempunyai kecakapan sosial dan kesalehan ritual dalam menjaga dan membangun NKRI.

“Semoga Pramuka Indonesia semakin maju, dapat melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa, aktif dan kreatif, tangguh serta percaya diri,” harap dia.

Sebagai Informasi, Persami Pesantren Al-Muhajirin 3 dilaksanakan setiap semester yang diikuti oleh seluruh santri. Pada tahun ini, perkemahan diikuti oleh 750 santri putra dan putri di bumi perkemahan Al-Muhajirin 3 Citapen Sukatani Kabupaten Purwakarta selama dua hari, Sabtu-Ahad 14-15 Agustus 2021. Kegiatan Perkemahan ini tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai imbaun pemerintah. (*)

Sumber: NU Online

Posting Komentar untuk "Santri Al-Muhajirin Purwakarta Peringati HUT Pramuka ke-60"